Perancangan Sistem Informasi Penjualan ATK Study Kasus UD. MRESKI Berbasis Android
Muhammad Rezki(1*); Lilis Nur Hayati(2); Irawati Irawati(3);
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPerkembangan teknologi di era Industri 4.0 dan Society 5.0 memaksa semua sektor, termasuk bisnis, untuk mengadopsi teknologi terbaru,sekitar 88% pengguna internet telah membeli produk secara online, UD. Mreski, berlokasi di Jl. H. Isa 3, Tanjung Redeb, Berau, masih menggunakan metode konvensional untuk penjualan alat tulis kantor (ATK), yang kurang efisien dan membatasi jangkauan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi penjualan berbasis Android untuk meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing toko. Metode penelitian meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem dengan diagram Unified Modeling Language (UML), pengembangan aplikasi Android, serta pengujian dan implementasi sistem. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa sistem informasi ini akan meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar UD. Mreski. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi yang dirancang dapat memudahkan pelanggan dalam memesan barang, memberikan informasi produk secara efektif, dan memastikan keamanan transaksi online. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing UD. Mreski di era digital
KeywordsSistem Informasi Penjualan; Alat Tulis Kantor; Android; E-Commerce
|
Article MetricsAbstract view: 7 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/linier.v1i4.2530 |
Cite |
References
A. Susanto, C. A. Sari, D. R. I. Moses, E. H. Rachmawanto, and I. U. W. Mulyono, “Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online,” Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, p. 42, 2020, doi: 10.33633/ja.v3i1.64.
R. Irawati and I. B. Prasetyo, “Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang),” J. Penelit. Manaj. Terap., vol. 6, no. 2, pp. 114–133, 2021.
A. R. Irawan, “Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media E-Commerce dalam Meningkatkan Penjualan Produk Bangbrew,” J. Ilm. Mhs. Ilmu Sos. dan Polit. [JIMSIPOL], vol. 2, no. 2, pp. 1–15, 2022.
H. Setiawan, W. Rahayu, and I. Kurniawan, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman pada Rumah Makan Cepat Saji D’besto,” J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., vol. 1, no. 03, pp. 347–354, 2020, doi: 10.30998/jrami.v1i03.356.
I. Mirawati, “Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital,” Medium, vol. 9, no. 1, pp. 58–80, 2021, doi: 10.25299/medium.2021.vol9(1).7443.
R. Risald, “Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Ukm Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall,” J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 37–42, 2021, doi: 10.32938/jitu.v1i1.1393.
S. Nurbaiti Oktaviani, C. Fikri Aziz, and B. Maula Sulthon, “Analisa UI/UX Sistem Informasi Penjualan Berbasis Mobile Menggunakan Metode Prototype,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 6, pp. 225–233, 2022, doi: 10.30865/klik.v2i6.401.
S. D. Redemptus and M. Muhlis, “Sistem Informasi Penjualan Berbagai Macam Produk Berbasis Android Di Toko De Ari Palopo,” Indones. J. Educ. Humanit., vol. 2, no. 1, pp. 34–50, 2022.
M. I. Maliki, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Grosir Sembako Pada Toko LA-RIS,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 3, pp. 304–311, 2021, doi: 10.33365/jatika.v2i3.1222.
P. Purnawansyah, D. Indra, L. N. Hayati, F. S. Aji, and R. Anugrah, “Pengembangan Peningkatan Produktivitas dan Pemasaran UKM Abon Telur sebagai Oleh-Oleh Khas Malino di Desa Lonjoboko Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 14, no. 1, pp. 20–23, 2023, doi: 10.26877/e-dimas.v14i1.5973.
M. Fadhly Amiruddin, I. Irawati, and R. Ramdaniah, “Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam Perancangan Sistem Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Android Menggunakan Metode Agile Informasi Artikel Abstrak,” vol. 4, no. 4, pp. 306–314, 2023.
Y. Cantika Parhati and A. Voutama, “Perancangan Sistem Penjualan Sayuran Berbasis Android dengan Pemodelan UML (Studi Kasus Toko X Purwakarta),” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 7, no. 1, pp. 51–60, 2022.
T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, and M. Wulandari, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram Uml (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. Tera[an dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2022.
F. Fitriyana and A. Sucipto, “Sistem Informasi Penjualan Oleh Sales Marketing Pada Pt Erlangga Mahameru,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 105–110, 2020, doi: 10.33365/jtsi.v1i1.239.
A. Rohman and H. D. Bhakti, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web,” Syntax Lit. ; J. Ilm. Indones., vol. 7, no. 9, pp. 15304–15313, 2023, doi: 10.36418/syntax-literate.v7i9.14255.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Rezki, Lilis Nur Hayati, Irawati Irawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Literatur Informatika dan Komputer
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer
Website : https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/LINIER/
Email : linier@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0