Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce dengan Metode Waterfall


Muh Agus(1*); Harlinda Harlinda(2); Muhammad Arfah Asis(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


E-commerce merupakan cara bagi seorang konsumen untuk dapat membeli barang yang diinginkan secara online, E-commerce adalah sebuah penjualan barang secara langsung dan dipromosikan menggunakan internet, baik untuk konsumen (Business to Consumen) maupun untuk bisnis (Business to Business). Pada saat ini Toko andriani kerudung belum menggunakan sistem e-commerce sehingga kesulitan dalam melayani pelanggan yang menumpuk dan kurang efisien dalam melakukan penjualan. Toko Andriani Kerudung merupakan usaha yang menjual kerudung atau hijab secara grosir yang dimana pembeli harus membeli minimal 5 barang yang sama dengan warna yang berbeda dan menggunakan pencatatan pembelian secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak Toko Andriani Kerudung dalam mengelola data penjualan, melayani pelanggan yang banyak serta membantu mempromosikan jualan menggunakan metode Waterfall untuk mempermudah dalam pembuatan sistem informasi penjualan dengan tahapan yang sistematis, menghemat waktu serta menghemat biaya. Berdasarkan kuesioner dari 20 responden yang merupakan 1 orang owner, 2 orang karyawan dan 17 orang customer dengan menggunakan pengujian black box, maka diperoleh pengujian antarmuka 82,5%, pengujian kinerja 87,2%, pengujian database 83,6%, pengujian fungsi yang hilang atau rusak 17,6% dan pengujian inisialisasi/terminasi 85%. Adapun index keseluruhan pada pengujian black box sebesar 82%. Hasil yang didapatkan yaitu menghasilkan sistem informasi penjualan berbasis e-commerce yang dapat membantu pihak Toko Andriani Kerudung dalam mengelola data penjualan, melayani pelanggan yang banyak serta membantu mempromosikan jualan

Keywords


Sistem Informasi Penjualan; E-Commerce; Waterfalld

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 11 times
PDF view: 5 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/linier.v1i4.2536
  

Cite

References


D. F. D. Putra, A. Sopian, and D. Ratnasari, “Penerapan Metode PIECES Pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web PT Valllery,” Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma(JRIS), vol. 01, no. 02, pp. 7–11, ISSN 2774 – 5759, 2021.

N. Rokhman, “Sistem Informasi Adalah Kombinasi Teknologi Dan Aktivitas Manusia.” http://komputerisasi-akuntansi-d4.stekom.ac.id/informasi/baca/Sistem-Informasi-adalah-Kombinasi-Teknologi-dan-Aktivitas-

Indrawati et al., "analisis tingkat kepuasan pengguna sistem informasi perpustakaan menggunakan Pieces Framework," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol 11, no. 2, 2019.

F. Alfiah, R. Tarmizi, and A. A. Junidar, “Perancangan Sistem E–Commerce Untuk Penjualan Pakaian Pada Toko a&S,” ICIT Journal, vol. 6, no. 1, pp. 70–81, 2020, doi: 10.33050/icit.v6i1.862.

M. Medah, “E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan,” vol. 85011, pp. 74–81.

M. Idris, “Pengertian E-commerce dan Bedanya dengan Marketplace.” https://money.kompas.com/read/2021/09/11/191943626/pengertian-e-commerce-dan-bedanya-dengan-marketplace?page=all (accessed Sep. 16, 2022).

S. I. Fahlevi, “Bundle Produk untuk Membuat Produk Gabungan dengan Satuan Berbeda,” Mekari Jurnal, 2023. URL: https://www.jurnal.id/id/blog/ fitur-terbaru-bundle-produk-membuat-produk-gabungan-dengan-satuan-berbeda/

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi KaHandayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.

H. I. T. Simamora, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Cv Mitra Tani Menggunakan Metode Prototype,” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 173–178, 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i2.552.

A. Y. Permana and P. Romadlon. 2019. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Menggunakan Metode SDLC pada PT. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa. Vol 10 No 2 pp153-167.

A. Sucipto and Fitriyana, “Sistem Informasi Penjualan Oleh Sales Marketing Pada PT Erlangga Mahameru,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 1, no. 1, pp. 105–110, 2020.

“Metode Waterfall – Definisi dan Tahap-tahap Pelaksanaannya.” https://lp2m.uma.ac.id/2022/06/07/metode-waterfall-definisi-dan-tahap-tahap-pelaksanaannya/#:~:text=Metode Waterfall merupakan pendekatan SDLC,desain%2C dan implementasi pada sistem. (accessed Oct. 03, 2022).

T. A. Prameswari, F. Yudhistira, and K. Septianzah, “Perancangan Sistem Informasi Transaksi Penjualan Pada Barberbox Berbasis Java,” Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 6, no. 1, pp. 1155–1161, 2022, doi: 10.30998/semnasristek.v6i1.5868.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muh Agus, Harlinda Harlinda, Muhammad Arfah Asis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Literatur Informatika dan Komputer

Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/LINIER/
Email : linier@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0