Sistem Interaktif Membaca Permulaan bagi Anak Usia Dini


Suherman Herman(1*); Mumuy Muhdiah(2);

(1) Universitas Serang Raya
(2) 
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini dengan menggunakan metode abjad, bunyi dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran media interaktif terhadap semangat, dan minat anak dalam membaca permulaan. Penelitian membaca permulaan ini digunakan untuk anak usia 4-5 tahun. Untuk pengujian hasil penelitian berjumlah 20 siswa, dan diambil sampel sebanyak 10 siswa untuk tahun pelajaran 2015/2016. Sebagai pengamat dilakukan oleh 3 guru dan 1 kepala sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di PAUD Pelita Hati Pandeglang.

Keywords


membaca permulaan, anak usia dini, metode abjad, bunyi dan gambar

  
     

Article Metrics

Abstract view: 822 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 965 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.11.23-28
  

Cite

References


Limanto, Susana. 2008. “Peningkatan Minat Dan Kemampuan Anak Usia Pra Sekolah Untuk Belajar Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Komputer Aided Learning”. European Journal Manajemen Informatika. Vol. 9. No. (2). 114-120.

Kandayun, L. W. A. W. Sulastri, Made. dan Ujianti. P. R. 2015. “Implementasi Metode Bermain Dengan Kartu Suku Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 2 Singaraja”. European Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3. No. (1).

WS, Rustono. 2011. “Pengaruh Metode Pembelajaran Membaca Dan Tingkat Kecerdasan Terhadap Kemampuan Pemahaman Bacaan (Studi Eksperimen Di SDN Dadaha I)”. European Journal saung guru. Vol. 1. No. (2).

Fitriana, Azizah. N. 2005. “Strategi Pembelajaran Dalam Proses Membaca Dan Menulis Permulaan”. European Journal Pendidikan Dasar. Vol. 6. No. (2). 61-118. Tersedia: http://anfaituazizah.blogspot.co.id/2012/03/jurnal-pendidikan-bahasa-dan-sastra.html [11 Nopember 2015]

Puspasari, Betty. D. 2013. “Aplikasi Pengenalan Huruf Alfabet Bagi Anak Usia Dini Menggunakan Metode pengolahan Citra Berbasis Data Suara”. European Journal ELTEK. Vol. 11. No. (1). 1693-4024.

Sunarni. 2014. “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Animasi Pada Anak Kelompok B1TK KKLKMD Sedyo Rukun, Bambanglipuro Bantul”.

Sya’diah, Diah. 2012. “Aplikasi Test IQ Untuk Mengetahui kecerdasan Anak Usia Dini Pada PAUD Al-Istiqomah”. Skripsi pada Universitas Serang raya, Serang. Tidak Diterbitkan.


Refbacks



Copyright (c) 2016 Suherman Herman, Mumuy Muhdiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ILKOM Jurnal Ilmiah indexed by

doaj_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logosinta_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
ILKOM Jurnal Ilmiah
ISSN 2548-7779
Published by Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia
W : https://fikom.umi.ac.id/
E : jurnal.ilkom@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0