Sistem Informasi Jasa Penjahit Gorden UKM Bilqis di Desa Sanrobone Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar


Dolly Indra(1*); Tasrif Hasanuddin(2); Erick Irawadi Alwi(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Fenomena menarik pada UKM Bilqis di Desa Sanrobone Kabupaten Takalar antara lain kualitas gorden berbahan Cartier, Hoggard, Spanyol, dan Hawall tergolong berkualitas baik, namun tidak didukung dengan promosi yang menarik, sumber daya manusia (pengrajin) pada UKM Bilqis masih mengandalkan pelanggan lama. Dari permasalahan tersebut maka menarik untuk dilakukannya perancangan sistem informasi penjualan gorden berbasis web pada UKM Bilqis Kecamatan Sanrobone, Takalar.Metode analisis yang dilakukan menggunakan analisis kualitatif berupa rancang bangun sistem informasi penjualan gorden pada UKM Bilqis Sistem yang dibangun menggunakan 3 user yaitu (1) Admin, seorang admin melakukan input data kedalam sistem serta melakukkan update jika terdapat penambahan data baru. Seorang admin memiliki hak akses yang luas; (2) Customer, adalah member dari sebuah sistem dimana member dapat melakukan pemesanan barang; (3) Pengunjung, adalah seorang user pada sebuah sistem dimana user tersebut memiliki hak akses yang terbatas hanya sekedar melihat barang, jika pengunjung ingin membeli barang pengunjung harus menjadi customer/member dengan cara melakukan registrasi.Dengan diterapkannya sistem tersebut sebagai media perdagangan online pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) maka diharapkan dapat membuka peluang UKM dalam memasok bahan baku; disamping itu UKM juga semakin mudah dalam bertransaksi dengan konsumen dengan lokasi yang jauh.

Fenomena menarik pada UKM Bilqis di Desa Sanrobone Kabupaten Takalar antara lain kualitas gorden berbahan Cartier, Hoggard, Spanyol, dan Hawall tergolong berkualitas baik, namun tidak didukung dengan promosi yang menarik, sumber daya manusia (pengrajin) pada UKM Bilqis masih mengandalkan pelanggan lama. Dari permasalahan tersebut maka menarik untuk dilakukannya perancangan sistem informasi penjualan gorden berbasis web pada UKM Bilqis Kecamatan Sanrobone, Takalar.

Metode analisis yang dilakukan menggunakan analisis kualitatif berupa rancang bangun sistem informasi penjualan gorden pada UKM Bilqis Sistem yang dibangun menggunakan 3 user yaitu (1) Admin, seorang admin melakukan input data kedalam sistem serta melakukkan update jika terdapat penambahan data baru. Seorang admin memiliki hak akses yang luas; (2) Customer, adalah member dari sebuah sistem dimana member dapat melakukan pemesanan barang; (3) Pengunjung, adalah seorang user pada sebuah sistem dimana user tersebut memiliki hak akses yang terbatas hanya sekedar melihat barang, jika pengunjung ingin membeli barang pengunjung harus menjadi customer/member dengan cara melakukan registrasi.

Dengan diterapkannya sistem tersebut sebagai media perdagangan online pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) maka diharapkan dapat membuka peluang UKM dalam memasok bahan baku; disamping itu UKM juga semakin mudah dalam bertransaksi dengan konsumen dengan lokasi yang jauh.

Keywords


UKM; gorden; Sistem Informasi; Penjualan; Website

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 320 times
PDF view: 186 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v2i2.1073
  

Cite

References


Indra, D. dan Nurhayati, L. Pengembangan Masyarakat Pada Pelaku Usaha Industri Abon Ikan Gabus Berbasis Web Di Kel.Bontoparang Kec.Parangloe Kab. Gowa. Jurnal Balireso Vol. 3, No. 1, Januari 2018.

Indra, D., Mansyur, U., dan Sastra, R. Pemanfaatan Information dan Comunication Technology (ICT) Pada SLB Negeri 2 Makassar. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1, No, 2, Oktober 2019.

Purwidiantoro , M. H., Kristanto, D. F., dan Hadi, W. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah(UKM). Jurnal EKA CIDA Vol. 1 No. 1 Maret 2016.

Utomo. E. P. 2009. Meraup Kekayaan Lewat Internet Dengan Toko Online. Yogyakarta (ID): Mediakom

Amriyahya, Johan. 2014. Aplikasi Penjualan Batik CV. Melina Berbasis Web. Universitas Sebelas Maret

Suryadi, F., Irwansyah, M.A dan Pratiwi, H.S. Rancang Bangun Website UKM di Kota Pontianak. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 5, No. 2, 2017.

Adam, Mahmud. 2012. Sistem Informasi Berbasis Web Kelurahan Tamiang Menggunakan PHP & MySQL. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Andi., dan Madcoms. 2011. Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver dan PHPMYSQL. Yogyakarta.

Anhar. 2010. PHP & MySql Secara Otodidak. Jakarta: PT TransMedia.

Indrajani. 2014. Database Systems Case Study All In One. Jakarta: Elex Media Komputindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh

ROAD_logo Google_Scholar_logo garuda_logo


Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0