Peningkatan Nilai Produk melalui Pelatihan Desain Kemasan pada UMKM Keripik Maming di Lembang Marinding Kecamatan Mangkendek Kabupaten Tana Toraja


irawati irawati(1*); Fitriyani Umar(2);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


UMKM Keripik Maming merupakan usaha yang bergerak di bidang produksi dan pemasaran dengan bentuk produk berupa Keripik Pisang. Hasil identifikasi dan observasi diperoleh keterangan bahwa Keripik Maming masih dikemas dengan plastik biasa dan polos tanpa adanya logo dan warna sehingga tampilan kemasan tidak menarik, kurang bernilai jual dan kurang menggugah selera, bahkan tanpa adanya merek (brand) sehingga identitas Keripik Maming belum dikenal dengan baik dan penjualan belum melua s. Adanya pengemasan yang sangat sederhana dan tidak informatif pada UMKM Keripik Maming disebabkan oleh pengetahuan pelaku usaha tentang pentingnya kemasan produk yang menarik masih kurang. Selain itu juga disebabkan oleh minimnya keterampilan atau kemampuan dalam pemanfaatan teknologi komputer untuk merancang desain kemasan kreatif sehingga kurangnya nilai jual dan daya tarik pada produk Keripik Maming dan kurangnya fasilitas mitra untuk membuat kemasan yang lebih menarik. Dalam pengabdian ini kami memberikan penyuluhan tentang pengemasan produk agar lebih menarik dan bernilai jual tinggi, memberikan pelatihan tentang penerapan teknologi dalam mendesain kemasan produk usaha mulai dari pembuatan logo yang menarik, pemilihan warna, dan desain kemasan agar lebih menarik, dikenal luas dan memiliki nilai tambah serta memberikan contoh desain kemasan dan bahan untuk pengemasan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya pengemasan yang baik, meningkatkan keterampilan dalam mendesain kemasan dan untuk dapat menghasilkan kemasan yang menambah nilai produk. Tercapainya tujuan kegiatan diharapkan dapat menghasilkan luaran berupa modul penyuluhan dan pelatihan Desain Kemasan Produk, dihasilkan desain digital produk berupa logo dan desain kemasan sebagai nilai tambah produk, publikasi pada media online dan jurnal.

Keywords


UMKM, Desain Kemasan, Nilai Jual

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 185 times
PDF view: 151 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v3i1.1086
  

Cite

References


Mohammad Jafar Hafsah, 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UMKM), Infokop Nomor 25 Tahun 2004

Tambunan, Tulus (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Indonesia. IsuIsu Penting. LP3ES. Jakarta.

Sopanah. (2010). Peran dan Permasalahan Usaha Mikro. http://siapbos.blogspot.com/2009/05/peran-dan-permasalahan-usaha-mikro.html.

Ardian Jaya Prasetya, dkk.(2020). pengabdian kepada masyarakat (pkm) pengembangan marketing website dan desain kemasan pada ukm bumi cipta sejahtera surabaya. Surabaya. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Surabaya. ISSN : 2579-3853/ 2407-7100, Vol 5, No 01.

mochammad rofieq.(2017). pelatihan desain kemasan produk untuk umkm kerajinan, kuliner dan posdaya. abdimas: jurnal pengabdian masyarakat universitas merdeka malang. E-ISSN:2548-7159,P-ISSN:2721-138x.vol 2, no 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh

ROAD_logo Google_Scholar_logo garuda_logo


Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0