Pengenalan Pembukuan Laporan Keuangan Perusahaan Startup Untuk Entrepreneur Muda Pada Panti Asuhan Aisyiyah Tunas Harapan


Wahyu Nugraha(1*); Sri Murni(2); Riski Annisa(3); Nurfia Oktaviani Syamsiah(4); Panny Agustia Rahayu Ningsih(5); Raja Sabaruddin(6);

(1) Universitas Bina Sarana Informatika
(2) Universitas Bina Sarana Informatika
(3) Universitas Bina Sarana Informatika
(4) Universitas Bina Sarana Informatika
(5) Universitas Bina Sarana Informatika
(6) Universitas Bina Sarana Informatika
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Kecanggihan teknologi membuat siapapun dapat membuat sebuah bisnis secara cepat dan mudah. Seperti yang kita ketahui bersama, beberapa tahun ini banyak sekali muncul entreprenuer muda yang membuka bisnis startup. Perencanaan keuangan dan persiapan laporan yang matang akan membantu dalam menjalankan bisnis tersebut. Sebagai perusahaan yang baru merintis atau sering disebut sebagai startup terkadang tidak memikirkan pencatatan transaksi keuangan. Namun sebaiknya perusahaan baru mulai atau startup proses pembukuan wajib dilakukan untuk membantu menunjang kegiatan operasional bisnis, menyiapkan informasi yang dibutuhkan agar investor mau menginvestasikan dananya. Pembukuan merupakan hal penting bagi bisnis apapun. Pembukuan dapat memantau perkembangan keuangan bisnis startup dan menilai proses yang sudah dikerjakan. pembukuan juga merupakan kewajiban suatu bisnis sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada pihak yang berkepentingan, dan masih banyak manfaat lain yang dapat Anda dapatkan dengan melakukan pembukuan. Panti asuhan Aisyiyah Tunas Harapan merupakan salah satu panti asuhan yang ada di kota Pontianak. Panti asuhan ini dihuni oleh beberapa anak yang berasal dari berbagai daerah. Sebagian besar sudah menginjak pendidikan tingkat SMP dan SMA yang tentunya mereka adalah anak muda atau kaum milenial. Anak muda atau kaum milenial merupakan pewaris startup digital. Saat ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk mengajak anak muda melakukan transformasi digital.

Keywords


Pengenalan Pembukuan; Laporan Keuangan; Startup

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 172 times
PDF view: 64 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v3i1.1227
  

Cite

References


M. Syarif, Latifah, Ardiyansyah, and W. Nugraha, Pengabdian Kepada Masyarakat Mengenai Pemanfaatan Sistem Informasi Penjualan Rumah Bersubsidi Berbasis Online, J. Empower., vol. 2, no. 2, pp. 210222, 2021.

R. Melyanti, M. Iqbal, and M. Muhardi, Sistem Informasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Di Bagian P3M (Studi Kasus: Stmik Hang Tuah Pekanbaru), J. Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, pp. 165176, 2020, doi: 10.33060/jik/2020/vol9.iss2.186.

M. A. Muljanto, Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo, J. Ilm. Pangabdhi, vol. 6, no. 1, pp. 4043, 2020, doi: 10.21107/pangabdhi.v6i1.6926.

T. Amani, Penerapan SAK-EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus di UD Dua Putri Solehah Probolinggo), Assets J. Ilm. Ilmu Akuntansi, Keuang. dan Pajak, vol. 2, no. 2, pp. 1220, 2018.

Z. Afdi and B. Purwanggono, Perancangan Strategi berbasis Metodologi Lean Startup untuk Mendorong Pertumbuhan Perusahaan Rintisan berbasis Teknologi di Indonesia, Ind. Eng. Online, vol. 6, no. 4, p. 2, 2017.

L. Hardiyanto, Motivasi Mahasiswa menjadi Start Up Digital Enterpreneur (Technopreneurship), J. Ilmu Pendidik., vol. 10, no. 1, pp. 115, 2018.

H. Gunawan, Fenomena Startup Fintech dan Implikasinya, Swara Patra, vol. 8, no. 4, pp. 4455, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/11/10

V. Siagian, I. Yuniwati, A. Rahman, and H. H. Lifchatullaillah, Endang Astrina Nur Inayah, Nurbayani Nurbayani, Pengantar Kewirausahaan, Cetakan 1. Yayasan Kita Menulis, 2020.

A. A. Dina, ANALISIS INTERNALISASI NILAI-NILAI PHBS PADA ANAK PANTI ASUHAN AISYIYAH TUNAS HARAPAN PONTIANAK, J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 9, no. 1, 2020.

A. Prasetyo, E. Andayani, and M. Sofyan, Pembinaan Pelatihan Pembukuan Laporan Keuangan Terhadap Wajib Pajak UMKM Di Jakarta, J. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Sos., vol. 1, no. 1, pp. 3439, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Komputer Untuk Masyarakat indexed by

ROAD_logo Google_Scholar_logogaruda_logo

___________________________________________________________
Ilmu Komputer Untuk Masyarakat
ISSN 2721-1282
Published by Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia
Website : https://fikom.umi.ac.id/
Email : ilkomas@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0