Peningkatan Mutu Peserta Didik SMK Plus Munirul Arifin NW Praya dengan Pelatihan Microsoft Office


Sofiansyah Fadli(1*); Husnul Khotimah(2); Maulana Ashari(3); Saikin Saikin(4); Hairul Fahmi(5);

(1) STMIK Lombok
(2) STMIK Lombok
(3) STMIK Lombok
(4) STMIK Lombok
(5) STMIK Lombok
(*) Corresponding Author

  

Abstract


SMK Plus Munirul Arifin NW Praya sebagai satuan pendidikan formal, dengan kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan betujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional di bidang perhotelan dituntut untuk mampu menjadi hotelier yang kompeten tidak hanya keterampilan atau skill dalam bidang akomodasi perhotelan saja tapi juga dalam bidang IT, masalah yang dihadapi saat ini adalah peserta didik kurang pengenalan terhadap pembelajaran IT karena tidak termasuk dalam kurikulum, kurangnya fasilitas untuk praktik . Peserta didik yang akan mengikuti pelatihan ini adalah peserta didik di SMK Plus Munirul Arifin NW Praya kelas X. pelaksanaan pelatihan bagi peserta didik ini akan lebih kami fokuskan untuk mempelajari dan mengenal lebih tentang Microsoft office, dan paling kita fokuskan lagi yaitu Microsoft word agar bisa menambah kemampuan dalam bidang ilmu komputer sebagai nilai lebih bagi peserta didik. Pada lembaga SMK Plus Munirul Arifin NW Praya ini ada masalah dan kendala yang mereka hadapi, yaitu tidak adanya fasilitas Laboratorium Komputer sendiri dan tutor atau tenaga pelatih yang akan melatih dan memberikan pengenalan tentang ilmu komputer kepada mereka. Kita bisa mengambil kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini yaitu persentase untuk hasil yang menyatakan pelaksanaan pelatihan ini sangat baik yaitu sebanyak 80%, kemudian persentase untuk pelaksanaan pelatihan yang kita lakukan hasilnya baik yaitu sebanyak 20%. Maka dari itu bisa di buktikan dengan kegiatan pelatihan yang kita lakukan ini memang berpengaruh positif dan memberikan banyak manfaat bagi peserta didik, pelatihan ini juga bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang ilmu teknologi dan komputer.


Keywords


Pelatihan, Microsoft Office, Siswa SMK, Ilmu Komputer

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 220 times
PDF view: 86 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v3i2.1266
  

Cite

References


Wahyuniar. Desy, K. S. Rezky, U. (2021. November 2). Pelatihan Komputer Dasar Berbasis Aplikasi Microsoft Office bagi Siswa SMK Negeri 3 Merauke Provinsi Papua. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat. Vol. 2. No. 2. Hal: 195-202.

Febrilia, B. R. A., & Setyawati, D. U. (2020). Pelatihan Microsoft Excel Bagi Mahasiswa Calon Guru Universitas Pendidikan Mandalika. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 181–186. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i2.619.

Sari, R., Fitriyani, A., & Prabandari, R. D. (2020). Optimalisasi Penggunaan MS. Word dan MS. Excel Pada Siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(2), 95–104. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.184.

Octafian, D, & Fatmariani Fatmariani. Pembuatan Bahan Ajar bagi Guru Menggunakan Powerpoint di SMK Nurul Iman Palembang. Ilmu Komputer untuk Masyarakat [Online], 2.2 (2021): n. pag. Web. 29 Dec. 2022

Syahrul, Yasermi, Yarza Aprizal, Siddiq Rahmanto, & Stevanius Lie. Pelatihan Keterampilan Desain Untuk Peningkatan Daya Saing Bagi Siswa SLB Negeri Pembina Palembang. Ilmu Komputer untuk Masyarakat [Online], 2.1 (2021): 8-13. Web. 29 Dec. 2022

Honainah, Honainah, Alifia Nur Afni Lismawati, Nurul Imaniyah, Amilia agustin, Arika Ramadhany, & Anani Asmani. Pendampingan Penerapan Aplikasi E-Piket di MTs Nurul Jadid Untuk Menjaga Kestabilan Proses Belajar Mengajar (KBM) Berbasis Codeigniter. Ilmu Komputer untuk Masyarakat [Online], 2.1 (2021): 23-29. Web. 29 Dec. 2022

Hartoko, A. (2010). Kupas Tuntas Microsoft Office 2010. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Purnomo, C. H. (2011). Panduan Belajar Otodidak Microsoft Office Word 2010. Jakarta: Media Kita.

Pujiriyanto. (2009). Peranan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak. Dinamika Pendidikan Vol. 16 No. 1.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhaini, dkk. (2022, Februari 2). Pembuatan Vidio Profil Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi Cagar Budaya Di Lombok Tengah. JURNAL ABDIMAS BUDI DARMA. Vol. 2 No. 2. Hal. 119-125

Dhewy, R. C. (2018). Pelatihan Dasar-Dasar Statistika Dengan Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel Di Sdn Pamotan Ii Kecamatan Porong. Jurnal PADI – Pengabdian MAsyarakat Dosen Indonesia, 1(1), 36–40.

Ade, Baihaqi. dkk. (2021. Juli 1). Pelatihan Dasar Microsoft Office Terhadap Santriwan Santriwati Yayasan Ar-Rahman Krukut. JPM: JURNAL PENGABDIAN MASYRAKAT. Vol. 2. No. 1. Hal: 25-28.

Abdul Latip. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh

ROAD_logo Google_Scholar_logo garuda_logo


Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0