Implementasi Aset 3D Rumah Tongkonan Pada Desa Marinding


Huzain Azis(1*); Sitti Rahmah Jabir(2);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Salah satu penerapan bidang teknologi yang berkembang ialah multimedia. Dalam multimedia terdapat Animasi 3 dimensi (3D), yang mana merupakan proses pembuatan pergerakan gambar dalam lingkaran 3 dimensi. Pada animasi 3D, sebuah perangkat lunak menciptakan real virtual dalam 3 dimensi dan perubahan (Gerakan) dihitung 3 aksis (x, y dan z). berdasarkan hasil tersebut, didapatkan sebuah objek yang dapat terlihat dari sisi tampak muka, samping, belakang, atas, dan bawah. Dimana orang dapat menjelajahi objek tersebut dari sudut pandang manapun. Tim Program Kemitraan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pemula UMI memalukan riset pada desa Marinding, yang ditemukan belum terdapat penerapan aset 3D pada rumah Tongkonan yang ada di Desa Marinding). Dimana budaya pada desa tersebut yang masih sangat kental yang menjadikan sebagai objek budaya yang patut untuk dilestarikan. Aset 3D yang dapat diterapkan pada rumah Tongkonan nantinya dapat membantu masyarakat khususnya desa Marinding dalam memperlihatkan objek rumah Tongkonan mereka. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan sebelumnya, PKM Pemula UMI ingin memberikan solusi pelestarian budaya dengan berpatisipasi dalam melestarikan kebudayaan Tana Toraja dalam hal implementasi 3D aset pada salah satu objek budaya yang ada disana yaitu rumah Tongkonan. Desa yang akan dipilih untuk dilakukan pengabdian yaitu pada Desa Marinding. Implementasi Aset 3D yang nantinya akan dibuat diharapkan dapat membatu masyarakat dalam melestarikan budaya menerapkan aset 3D pada rumah Tongkonan.Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian yaitu mitra kantor desa Tamangapa dapat memanfaatkan aset 3D dalam pelestarian budaya, mitra Kantor Desa Tamangapa dapat membantu wisatawan dalam mengenalkan objek budaya mereka khusunya rumah Tongkonan, wisatawan dapat dengan mudah mempelajari terkait rumah tongkonan yang ada di Kab. Tana Toraja dan perangkat desa dapat memperlihatkan dengan mudah objek wisata yang dimiki dalam bentuk 3D. Sebagai penunjang dalam kegiatan tersebut, staf yang mengikuti kegiatan pelatihan diberikan modul implementasi aet 3D rumah Tongkonan pada Desa Marinding. Luaran akhir berupa publikasi di media masssa (inipasti.com) dan artikel yang akan di publikasipadan pada jurnal ILKOMAS (Ilmu Komputer Untuk Masyarakat (ILKOMAS).

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 146 times
PDF view: 17 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v4i1.1552
  

Cite

References


I. Fardani, G. P. Rochman, L. S. Akliyah, and H. Burhanuddin, “Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat Pembangunan Desa di Indonesia pada dasarnya bertujuan meningkatkan kesejahteraan yaitu program penyediaan Internet dan Literasi Digital Masyarakat . Program Desa Digital Dari hasil wawancara kepada beberapa pen,” J. Ilm. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 181–197, 2021.

M. A. Tania, P. Mudjihartono, and P. Ardanari, “Perancangan Animasi 3D Tempat Wisata Pos Lintas Batas Negara antara Indonesia dan Papua Nugini,” J. Inform. Atma Jogja, vol. 3, no. 1, pp. 42–49, 2022.

E. Limbong, V. Tulenan, and Y. D. . Rindengan, “Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Budaya Passiliran,” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.10.1.2017.15803.

N. Caprisa, Aswar, and Irfan, “Perancangan Augmented Reality Rumah Adat Sulawesi Selatan,” vol. 7, no. April, pp. 13–20, 2020.

M. S. L. Pakan, M. H. Pratiknjo, and W. E. Mamosey, “Rumah adat ‘tongkonan’ orang Toraja kabupaten Tana Toraja propinsi Sulawesi Selatan,” HOLISTIK, J. Soc. Cult. Soc. Cult., vol. XI, no. 22, pp. 1–16, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/21043.

A. Muththalib, “Tongkonan – Fakta Rumah Adat Tana Toraja yang Penuh Makna,” Celebes, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh

ROAD_logo Google_Scholar_logo garuda_logo


Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0