Sistem Pengarsipan Surat Secara Eletronik pada Klinik Pratama Pataraja Lanud Sultan Hasanuddin Kabupaten Maros


Nurhajar Anugraha(1*); Nurzaenab Nurzaenab(2); Dyah Utari Yusa Wardhani(3); Nuraida Latif(4); Muh Umar(5);

(1) Politeknik Negeri Sriwijaya
(2) Universitas Teknologi Akba
(3) Politeknik Negeri Sriwijaya
(4) Universitas Teknologi Akba
(5) Universitas Teknologi Akba
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Klinik Pratama Pataraja saat ini masih mengelola pengarsipan dengan pencatatan surat masuk dan keluar serta penyimpanan arsip masih dicatat menggunakan buku expedisi secara manual, sehingga karyawan mengalami kesulitan saat mencari arsip dan memiliki potensi kehilangan dari arsip tersebut. Maka dari itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang memudahkan pengelolaan arsip untuk mengelola data semua jenis surat yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manfaat dan keuntungan yang diperoleh dari penggunaan sistem pengarsipan surat elektronik di Klinik Pratama Pataraja, seperti peningkatan efisiensi operasional pengurangan biaya, dan peningkatan akurasi informasi serta menganalisis tingkat efisiensi dan efektivitas pengarsipan surat secara elektronik, termasuk waktu akses informasi, pengurangan kesalahan pengarsipan dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya untuk meningkatkan produktivitas klinik. Data ini diperoleh melalui perancangan, analisis sistem, perancangan proses, perancangan basis data, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan Agile. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Pengarsipan Surat Secara Eletronik Pada Klinik Pratama Pataraja Lanud Sultan Hasanuddin Kabupaten Maros berhasil diimplementasikan dan sangat baik digunakan dengan nilai kuesioner penilaian 92,7%.

Keywords


Klinik Aplikasi Arsip Codeigniter4 Agike

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 73 times
PDF view: 22 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v4i2.2003
  

Cite

References


Trisnawati, Liza, and Debi Setiawan. 2022. “Sistem Monitoring Kegiatan Kemahasiswaan Menggunakan Metode Agile Development.” JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering 6(1):49– 57.

Martono, Kurniawan Teguh, and Ike Pertiwi Windasari. 2018. “Menggunakan Framework Codeigniter.” 8(1):1–6.

Subhiyakto, Egia Rosi, and Yani Parti Astuti. 2020. “Aplikasi Pembelajaran Class Diagram Berbasis Web Untuk Pendidikan Rekayasa Perangkat Lunak.” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer 11(1):143–50. doi: 10.24176/simet.v11i1.3787.

Musthofa, Nurul, and Mochamad Adhari Adiguna. 2022. “Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Computer Kota Tangerang.” OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains 1(03):199–207. 79


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh

ROAD_logo Google_Scholar_logo garuda_logo


Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0