Penerapan Sistem Informasi Kependudukan pada Lembang Marinding Kabupaten Tana Toraja


Lukman Syafie(1*);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pelatihan Pengelolaan Kependudukan bagi staf Lembang Marinding Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja dimaksudkan guna mengubah paradigma pengelolaan informasi manual dan konvensional beralih menjadi pengelolaan informasi berbasis teknologi. Ditinjau dari segi waktu dan tenaga, teknologi secara nyata membantu kita untuk lebih produktif karena tidak hanya mudah, namun juga lebih cepat dan terstruktur. Masalah yang muncul pada Lembang Marinding Kecamatan Mengkendek Kab. Tana Toraja yaitu masih mengelola kependudukan secara manual sehingga kurang optimal dalam proses pelayanan. Perangkat desa juga belum mahir dalam menerapkan teknologi informasi dalam pengelolaan data kependudukan. Berdasarkan masalah tersebut, tim pengabdi menawarkan solusi dengan memberikan sosialisasi dan penyuluhan mengenai pentingnya penerapan teknologi informasi dalam hal pengelolaan data kependudukan. Merancang dan membuat media berupa sistem informasi pengelolaan data kependudukan secara digital pada Lembang Marinding serta memberikan pelatihan tentang implementasi aplikasi sistem informasi pengelolaan data kependudukan secara digital. Kegiatan pengabdian yang dilakukan tim dosen pengabdi diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan serta keterampilan perangkat desa Lembang Marinding dalam mengelola data kependudukan secara digital sehingga kegiatan administrasi menjadi lebih baik. Selain itu perangkat desa Lembang Marinding yang mengikuti kegiatan pelatihan, akan mendapatkan modul sebagai panduan penggunaan sistem. Pada kegiatan ini akan menghasilkan sebuah sistem informasi pengelolaan data kependudukan yang akan dikelola langsung oleh perangkat desa.

Keywords


kependudukan; teknologi informasi; lembang marinding; website; Pelatihan

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 12 times
PDF view: 8 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v5i1.2298
  

Cite

References


N. Huda, "Hukum Pemerintahan Desa: Dalam Konstitusi Indonesia Sejak Kemerdekaan hingga Era Reformasi". Setara Press. 2015

D. S. Sutopo, "Memahami pembangunan desa dan perspektifnya", Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, 2023

Y. Mayowan, " Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Desa (Studi Kasus di Kabupaten Lamongan", e-journal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, vol.10, no. 1, 2016.

Kementerian PPN, "Pengembangan Sistem Informasi Desa untuk mendukung desa menyusun perencanaan dan penganggaran berbasis data", 2021. https://sikompak.bappenas.go.id/detail-pembelajaran/sid

F. Fattah, A.R. Manga, " Sistem Informasi Profil Desa Lembang Marinding Kabupaten Tana Toraja. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 2(2). 2022.

T. Soraya, " Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online di Kabupaten Pati" e-journal undip, 2019.

S. Hidayatullah, C. Mulyadi, "Sistem Pelayanan Administrasi Pelayanan Kependudukan Desa Candigatak berbasis Web", Jurnal ITCIDA, vol.1, no. 1, 2015

K.M. Angkat, A. Kadir, I. Isnaini, " Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi", Jurnal Administrasi Publik, vol.7, no. 1, 2017.

E. Christianingsih, "Implementasi Kebijakan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Bandung", JIMIA, vol. 12, no. 2, 2018.

H. Herman, S. Sugiarti, I.I. Ibrahim, R. Anugrah, " Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pengelolaan Data Kependudukan Pada Lembang Marinding Kecamatan Mangkendek Kabupaten Tana Toraja", Ilmu Komputer untuk Masyarakat, vol. 3. no. 2, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh

ROAD_logo Google_Scholar_logo garuda_logo


Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0