Efektivitas Sistem Administrasi Perpajakan Berbasis E-Samsat Terhadap Tingkat Kepuasan Publik Pada Payment Point Bank Jatim Universitas Panca Marga Probolinggo
Firmansyah Dwi Prasetyo(1*);
(1) Universitas Panca Marga Probolinggo
(*) Corresponding Author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk efektivitas sistem administrasi perpajakan berbasis e-Samsat dalam meningkatkan kepuasan masyarakat di payment point Bank JATIM Universitas Panca Marga Probolinggo. Di era digitalisasi yang semakin maju, pelayanan perpajakan yang efisien dan responsif sangat penting untuk mendorong kepatuhan masyarakat dalam memenuhi kewajiban pajak mereka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui analisis mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem e-Samsat berhasil mempercepat proses pembayaran pajak kendaraan bermotor dan mengurangi waktu antrean, yang secara signifikan meningkatkan tingkat kepuasan wajib pajak. Diskusi menekankan perlunya pelatihan pegawai serta sosialisasi layanan untuk memastikan masyarakat memahami cara memanfaatkan e-Samsat secara optimal. Kesimpulannya, sistem administrasi perpajakan berbasis e-Samsat terbukti efektif dalam meningkatkan kepuasan masyarakat, dan disarankan untuk terus dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan layanan perpajakan yang semakin kompleks, efisien, dan beragam di masa mendatang untuk masyarakat secara keseluruhan dan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah yang berkelanjutan .
Keywordse-Samsat, kepuasan publik, pajak kendaraan, sistem administrasi
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 48 timesPDF view: 21 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/ilkomas.v5i2.2463 |
Cite |
References
Ayuningrum, S., Rahmawati, S., & Pd, M. (n.d.). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NGRUKEMAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL.
Dewi, I. G. A. M. R., & P, K. W. L. (2019). EFEKTIVITAS E-SAMSAT, PAJAK PROGRESIF DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 4(1), 50. https://doi.org/10.38043/jiab.v4i1.2151
Firmansyah, F. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada STIE Mahaputra Riau. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.33059/jseb.v10i1.1124
Herman, H., Umar, F., Aji, F. S., & Abdi, M. A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pengelolaan Dokumen Persuratan Pada Desa Bontokassi Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 1(2), 38–41. https://doi.org/10.33096/ilkomas.v1i2.778
https://www.bankjatim.co.id/id/layanan/e-channel/e-samsat-jatim(Bank JATIM)
https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/pemprov-jatim-luncurkan-layanan-pengesahan-stnk-tanpa-ke-samsat (Dinas Kominfo Provinsi JATIM)
Oktaviani, A. (n.d.). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2014. 22.
Pusida, R., Pati, A., & Lambey, T. (2018). PERILAKU PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD TAHUN 2013. 1.
Wardana, G. A. (n.d.). Dalam Meningkatkan Kepuasan Wajib Pajak. 9.
Wardhani, G. K., Novyanti, R., & Amelia, R. (2022). Efektivitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Aplikasi E-Samsat pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Banjarmasin. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(2).
Zulkarnaen, I. (2017). HUBUNGAN PERENCANAAN OLEH SEKRETARIS DPRD DENGAN EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN CIREBON. Jurnal Ilmiah Publika, 5(1). https://doi.org/10.33603/publika.v5i1.1521
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh
Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website : https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0