Perancangan Profil Kantor Desa Lonjoboko Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa Berbasis Web


Sugiarti Sugiarti(1*); As'ad Djamalilleil(2);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Desa lonjoboko merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Desa Lonjoboko terdiri dari 4 (dusun) dengan total jumlah penduduk 2.286 jiwa. Pemerintahan Desa merupakan unit terdepan dalam memberikan   pelayanan   kepada  masyarakat       serta menjadi tonggak strategis untuk keberhasilan semua program Pemerintahan, Pembangunan dan Pembinaan Sosial Kemasyarakatan.  Peningkatan pelayanan kepada masyarakat Desa Lonjoboko sangat perlu mengingat hampir seluruh kegiatan penduduk desa selalu terkait dengan pelayanan Pemerintahan Desa. Tujuan kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah merancang dan menerapkan sistem informasi kantor Desa Lonjoboko berbasis web yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam penyebaran informasi yang berkaitan dengan profil desa, pelayanan administrasi kepada masyarakat, potensi-potensi desa, lembaga desa, data statistik kependudukan dan informasi penting lainnya. Hasil yang diperoleh melalui kegiatan pengabdian ini adalah dengan adanya profil Kantor Desa Lonjoboko  yang berbasis web, maka masyarakat dapat dengan mudah dan cepat mengakses informasi yang dibutuhkan. Sehingga kualitas pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat. 

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 500 times
PDF view: 157 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v1i1.774
  

Cite

References


Amiq Fahmi. 2011. Perancangan Sistem Informasi, Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011 (Semantik 2011). Semarang.

Dwi iriani, 2010. Sistem Informasi Profil Desa. volume 11, nomor 2, september 2010.

Ismail Buang. 2009. Laporan Pertanggung Jawaban Kepala Desa Lonjoboko Tentang Penyelenggaraan Pemerintahan. Lonjoboko.

Nyimas Sriwihajriyah, Dkk. 2012. Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Berbasis Web, Jurnal SISTEM informasi (JSI). vol. 4, no. 1, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya.

Ramadhani, Arief. 2005. Buku Pelatihan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Fujiyati, Yunita. 2014. Sistem Informasi Pengolahan Data Kependudukan di Desa Purwoasri. Jurnal Penlitian: Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

Ramadhani, Arief. 2005. Buku Pelatihan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Nurdiana, Pipit. 2012. Pengolahan Data Penduduk Desa Mentoro.Skripsi:Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Malang.

Jimi Asmara. 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Volume (2) No. (1) 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh

ROAD_logo Google_Scholar_logo garuda_logo


Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0