Pelatihan Rancangan Evaluasi Pembelajaran Bagi Guru di Desa Sumbersuko Kecamatan Wagir Kabupaten Malang


Yuni Rahmawati(1*); Tri Atmadji(2); Wahyu Sakti G Irianti(3); Setiadi Cahyono(4);

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(4) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, tentunya dibutuhkan guru profesional yang mampu melaksanakan tugas pembelajaran dengan penuh tanggung jawab. Untuk menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik yang profesional sesuai dengan UU No. 20 tahun 2003 pasal 39 maka ia harus berperan aktif dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, penilaian, melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Hal ini juga perlu ditunjang dengan adanya rancangan evaluasi guru untuk peserta didik dengan teknik yang tepat sehingga dapat memberikan keluaran maksimal. Pada kondisi saat ini, tujuan evaluasi yang dipahami oleh sebagian besar guru masih bersifat umum, yaitu untuk mengetahui seberapa efisien dan efektif suatu proses pembelajaran. Namun sebenarnya, tujuan ini belum dapat digunakan dalam mencapai hasil belajar peserta didik secara konkrit. Oleh karena itu, perlu adanya rancangan evaluasi yang menyeluruh untuk membantu guru dalam meningkatkan strategi pembelajaran.


  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 157 times
PDF view: 226 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v1i1.775
  

Cite

References


Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Edisi Revisi. Cetakan ketujuh. Jakarta: Bumi Aksara.

Lenawati, L., Djasmi, S., & Suntoro, I. (2015). [2] Evaluasi Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 2(3).

Masalah, A. L. B. (2002). Pemahaman Guru Tentang Evaluasi Dalam Pendidikan.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Purwanto. (2009).Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil dan proses Belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zahroh, M. N. (2017). Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 139.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh

ROAD_logo Google_Scholar_logo garuda_logo


Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0