Implementasi Manajemen Antrian di Puskesmas Sanrobone Kabupaten Takalar


Dedy Atmajaya(1*); Abdul Rachman Manga(2); Asman Haris(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sistem antrian tradisional pada pusat-pusat pelayanan publik seperti puskesmas masih didapati kendala-kendala teknis yang menghambat proses pelayanan. Tentunya hal ini dirasa kurang efisien baik dari segi pengguna layanan dan pemberi layanan. Dari permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu teknologi untuk memudahkan pasien dan pihak puskesmas dalam melakukan manajemen antrian. Program pengabdian ini bertujuan untuk membangun sistem antrian berbasis aplikasi sehingga memudahkan pihak puskesmas dan pihak pasien (masyarakat umum) mengetahui status antrian dan sekaligus sebagai aplikasi menajemen antrian bagi pihak puskesmas. Luaran dari pengabdian ini adalah prototype Aplikasi Manajemen Antrian pada puskesmas Sanrobone, kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Teknologi yang digunakan pada pengabdian ini adalah aplikasi berbasis web (framework) dan ESP32 sebagai sistem kontrolnya.

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 29 times
PDF view: 21 times
     

Digital Object Identifier

  

Cite

References


APJII, “Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2)”, 2020.

B. L. S. Kominfo, “Hasil Survey 2017,” 2017.

D. Atmajaya, AR. Manga, A. Haris, “Implementasi Penggunaan Media Teknologi Informasi Sebagai Sarana Penunjang Layanan Kesehatan Di Puskesmas Sanrobone Kabupaten Takalar”, SNP2M, pp. 521-524, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.