Implementasi Manajemen Antrian di Puskesmas Sanrobone Kabupaten Takalar
Dedy Atmajaya(1*); Abdul Rachman Manga(2); Asman Haris(3);
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractSistem antrian tradisional pada pusat-pusat pelayanan publik seperti puskesmas masih didapati kendala-kendala teknis yang menghambat proses pelayanan. Tentunya hal ini dirasa kurang efisien baik dari segi pengguna layanan dan pemberi layanan. Dari permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu teknologi untuk memudahkan pasien dan pihak puskesmas dalam melakukan manajemen antrian. Program pengabdian ini bertujuan untuk membangun sistem antrian berbasis aplikasi sehingga memudahkan pihak puskesmas dan pihak pasien (masyarakat umum) mengetahui status antrian dan sekaligus sebagai aplikasi menajemen antrian bagi pihak puskesmas. Luaran dari pengabdian ini adalah prototype Aplikasi Manajemen Antrian pada puskesmas Sanrobone, kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Teknologi yang digunakan pada pengabdian ini adalah aplikasi berbasis web (framework) dan ESP32 sebagai sistem kontrolnya.
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 530 timesPDF view: 274 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/ilkomas.v1i2.779 |
Cite |
References
APJII, “Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2)”, 2020.
B. L. S. Kominfo, “Hasil Survey 2017,” 2017.
D. Atmajaya, AR. Manga, A. Haris, “Implementasi Penggunaan Media Teknologi Informasi Sebagai Sarana Penunjang Layanan Kesehatan Di Puskesmas Sanrobone Kabupaten Takalar”, SNP2M, pp. 521-524, 2020.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh
Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website : https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0