Pemanfaatan Video Conference Pada Yayasan Sinergi Cendikia Makassar


Farniwati Fattah(1*); Huzain Azis(2);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan mitra sasar Yayasan Sinergi Cendikia Indonesia bertujuan untuk membantu yayasan dalam mencapai tujuan organisasi. Yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemasyarakatan, memiliki banyak kegiatan keagamaan, kemanusian yang memerlukan media digital dalam mempromosikan dan menyebarkan informasi tentang program dari yayasan. Sebagai yayasan yang baru berdiri, lembaga ini membutuhkan media promosi yang dapat menjangkau masyarakat luas. Untuk memenuhi salah satu kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka dosen Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) akan melakukan kegiatan pengabdian di Yayasan Sinergi Cendikia Indonesia (SCI) dengan memanfaatkan layanan video conference. Aplikasi Zoom Meeting adalah salah satu layanan video conference yang digunakan oleh SCI untuk menunjang kegiatan yayasan seperti rapat, pelatihan dan seminar. Beberapa anggota sudah bisa menggunakan menu atau fasilitas yang digunakan pada saat meeting berlangsung, sedangkan fasilitas lainnya belum terlalu familiar sehingga perlu pendampingan khususnya untuk akun zoom. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan popularitas dari Yayasan Sinergi Cendikia Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan dan para anggota yayasan dapat memanfaatkan teknologi digital untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 44 times
PDF view: 38 times
     

Digital Object Identifier

  

Cite

References


F. Rahmawati, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya,” Skripsi, Jurusan Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2018.

H. Subekti, N. Nubaiti, M. Masilawati, H. Fitria, “Pemanfaatan Video Conference Seagai Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Produktif di Sekolah Menengah Kejuruan,” Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, hal 427-437, 2020.

A. Roshif, “Strategi Promosi melalui Online Yayasan Yatim Mandiri Surabaya,” Skripsi, Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2017.

T. Wibawanto, “Pemanfaatan Video Conference Dalam Pembelajaran Tatap Muka Jarak Jauh Dalam Rangka Belajar Dari Rumah,” Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.1, Issue.1, hal 1-9, 2020.

A. Evandio, “Penggunaan Aplikasi Video Conference di Indonesia, Zoom Pemenangnya?,” Bisnis.com, 01 April, 2020. [Online]. Tersedia : https://teknologi.bisnis.com/read/20200401/84/1221258/penggunaan-aplikasi-video-conference-di-indonesia-zoom-pemenangnya. [Diakses pada 10 Desember, 2020]

P. Nadifattah, “Artikel Review Media Video Conference,” Jurnal Pendidikan, hal 8-11, May, 2020.

F. Lanny, L. Bunga, “Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Zoom untuk Rapat Online Lewat Smartphone dan Komputer Grafis,” Tribunnews.com, 23 Maret, 2020. [Online]. Tersedia: https://www.tribunnews.com/techno/2020/03/23/tutorial-cara-menggunakan-aplikasi-zoom-untuk-rapat-online-lewat-smartphone-dan-komputer-gratis?page=4. [Diakses pada 25 Desember, 2020]

G. F. K. Lawi, “Informasi yang Dilarang dan Boleh Disampaikan Dalam Video Conference,” Bisnis.com, 11 April, 2020. [Online]. Tersedia : https://teknologi.bisnis.com/read/20200411/101/1225639/informasi-yang-dilarang-dan-boleh-disampaikan-dalam-video-conference. [Diakses pada 25 Desember, 2020]

F. Fattah, H. Aziz, “Penerapan Digital Marketing Pada Yayasan Sinergi Cendikia Indonesia Makassar,” Laporan Akhir Program Kemitraan Masyarakat Pemula, LPkM, UMI, 2020.

F. Fattah, H. Aziz, “Pemanfaatan Website Sebagai Media Penyebaran Informasi pada Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar,” ILKOMAS, Vol.1, No.1, Desember, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.