PROTOTIPE ROBOT PELAYAN RESTORAN MENGGUNAKAN SENSOR GARIS DENGAN ALGORITMA OPTIMASI LINTASAN


Mirfan Mirfan(1*);

(1) STIMIK Handayani
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini bertujuan merancang prototipe robot pelayan restoran menggunakan sensor garis dan sensor pir dengan algoritma optimasi lintasan yang implementasinya disematkan ke dalam mikrokontroller. Metode yang digunakan adalah metode eksprementaal yaitu dengan melakukan perancangan, pembuatan dan pengujian model sistem. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa robot pelayan restoran ini dapat bekerja sesuai kemampuan atau daya baterai  yang digunakan. Hal ini tidak terdapat pada tenaga kerja manusia yang bekerja secara part time. Cara kerja robot tidak dapat diintervensi oleh perintah lain dari pelanggan seperti panggilan suara atau sentuhan, diketahui akurasi atau ketepatan pada robot lebih baik karena sifatnya yang otomatis. Sebab sifat perintah pada robot sudah diprogram terlebih dahulu, sehingga kesalahan pada penempatan dapat dihindari sebagimana yang biasa terjadi pada tenaga kerja manusia.adalah emosi akibat kelelahan atau kesehatan dan beban pikiran yang menyertai ketika bekerja. Sedangkan pada robot, faktor itu tidak terjadi karena sifatnya yang mekanistik.

Keywords


Robot; sensor garis; pelayan restoran

  
     

Article Metrics

Abstract view: 1072 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 694 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i1.110.57-61
  

Cite

References


Sugiharto,Agus. Penerapan Dasar Transducer dan Sensor. Yogyakarta : Perpustakaan FMIPA UGM,2010.

S.T.D. Septian. Build your Own Line Follower Robot. Yogyakarta:Penerbit Andi,2008.

Atmel. Data sheet Mikrokontroller. Yogyakarta : Penerbit Andi,2010

Miller Peter.“Building a Two Wheeled Balancing Robot”, University of Southern Queensland, Faculty of Engineering and Surveying,2008.

Miller Peter.“Building a Two Wheeled Balancing Robot”, University of Southern Queensland, Faculty of Engineering and Surveying,2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Mirfan Mirfan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.