PENGENDALIAN PARABOLA BERGERAK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER


Matalangi Matalangi(1*);

(1) STMIK Handayani Makassar
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian bertujuan merancang pengendalian parabola bergerak menggunakan Mikrokontroler, Aktuator sebagai penggerak untuk menggerakan parabola kearah timur dan kebarat dan switch sebagai titik tempu pada parabola sehingga dapat berbalik arah timur dan barat, program merumuskan untuk dapat menggerakkan parabola kearah barat dan timur hingga mendapatkan sinyal dan mencapai kemiringan dari 70 derajat ke barat  hingga 120 derajat kearah timur.

Hasil penelitian ini adalah perancangan dan pembuatan Pengendali Parabola Bergerak. Pengendalian parabola bergeraka ini terbuat dari bahan aluminium berbentuk lingkaran. Dengan ukuran Linkaran 170cm dan tinggi 150cm. Desain Pengendalian Parabola Bergerak ini terdiri dari 4 komponen utama, dimana komponen pertama sebagai Tiang penopang payung, komponen kedua digunakan sebagai penerima sinyal, komponen ketiga sebagai penerima yang menerima sinyal dari LNB, komponen yang keempat digunakan sebagai pengontrol dari parabola yang menggerakkan Payung parabola ke titik focus satelit yang di kendalikan dan control oleh mikrokontroler.

Keywords


switch; Parabola; Mikrokontroler; Aktuator; Sinyal Audio

  
     

Article Metrics

Abstract view: 810 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 1077 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i1.113.78-85
  

Cite

References


Agus Mulyana, Andriyana Subhan.2012. Rancang Bangun Sistem Kendali Posisi, Kesetimbangan Dan Navigasi Untuk Prototipe Nano Satelit. Jurnal Sistem Komputer Unikom – Komputika.

Sri Hartati. 2007. Sistem Penalaran Sebagai Alat Pembelajaran Gerak Parabola. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Yogyakarta.

Silvia Ramadhina, Dr. Ary Syahriar, Sofian Hamid,S.T,M.Sc. 2013. Komunikasi Satelit Untuk Meningkatkan Jaringan Informasi Di Daerah Tertinggal.

Dwi Ananto Widjojo. 2013. Pemancar Televisi dan Peralatan Radio. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Widodo Budiharto. 2010. Robotika Teori Implemensi. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Heryanto, M.Ary. 2008. Pemprograman Bahasa C untuk Mikrokontroler Atmega 8535. Penerbit ANDI. Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Matalangi Matalangi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.