RANCANG BANGUN SISTEM UNTUK MENENTUKAN TIM YANG BERMAIN DALAM PERTANDINGAN FUTSAL MENGGUNAKAN METODE REKURSIF
Suherman Herman(1*); Iksal Iksal(2);
(1) Universitas Serang Raya
(2) 
(*) Corresponding Author
AbstractSetiap dalam pertandingan futsal yang akan diselenggarakan, Panitia pertandingan sulit menentukan tim yang akan bermain secara objektif dengan menggunakan metode yang dapat digunakan untuk menentukan tim bermain secara cepat dan objektif. Dalam penentuan tim bermain futsal menjadi masalah panitia disetiap pertandingan, ketepatan panitia dalam menentukan tim bermain merupakan tuntunan setiap pemain yang akan bermain terlebih dahulu. Pada penelitian ini akan menghasilkan aplikasi untuk menentukan tim bermain secara cepat dan objektif dengan menggunakan metode rekursif sebagai metode dalam melakukan proses kemungkinan-kemungkinan tim bermain yang akan bertanding. Kemudian dengan proses random kemungkinan-kemungkinan yang muncul dari proses rekursif akan dipilih satu kemungkinan dari sekian banyak kemungkinan untuk menghasilkan tim bermain secara objektif. Dengan dukungan aplikasi ini panitia akan dapat menyelesaikan permasalahan dalam penentuan tim bermain futsal, yaitu secara cepat dan objektif. KeywordsSistem Pendukung Keputusan; Metode Rekursif; Futsal; Random
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 978 timesPDF view: 631 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.153.262-267 |
Cite |
References
Ardianto,Elvinaro.2010.Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif.
Hasan, M Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Pengambilan Keputusan.
Cresswell,J.W.(1994).Research Design,Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications,Inc.
http://www.indra-update.web.id/2015/04/metode.rekursif.pada.pemrograman.lisp.html diakses pada (24/6/15 jam 10.10).
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&q=sistem+pendukung+keputusan +penentuan+tim+bermain +pada+pertandingan+futsal&btnG diakses pada ( 7.7.15 jam 1.07).
Lhaksana, Justinus. 2011. Taktik dan strategi Futsal Modern. Penebar Swadaya Group.
Munir, Rinaldi. 2007. Algoritma dan Pemrograman. Informatika Bandung.
http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/ 123456789/63243/ Chapter%20II.pdf? sequence=4 &isAllowed=y diakses pada ( 8.7.15 jam 8.10).
http://abstrak.ta.uns.ac.id/wisuda/upload/k5610059_bab2.pdf diakses pada ( 10.7.15 jam 9.12).
Refbacks
Copyright (c) 2017 Suherman Herman, Iksal Iksal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.