PENENTUAN JARAK EFISIEN PENGANTARAN PASIEN OLEH AMBULANCE KE RSUD KARAWANG DENGAN ALGORITME DIJKSTRA


Masdui Kartasasmita(1); Arif Budimansyah Purba(2*); Wawan Kusdiawan(3);

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Banyak jalan yang menghubungkan dari berbagai puskemas yang ada di Karawang menuju ke RSUD Karawang dengan jarak tempuh yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada pihak ambulance untuk menentukan rute dalam pengantaran pasien ke RSUD Karawang dengan menggunakan algoritma Dijkstra. Algoritma ini digunakan dalam pencarian rute terpendek yang diharapkan dapat menjadi rute terefisien untuk mencapai tujuan dari lokasi yang diinginkan. Algoritma Dijkstra adalah sebuah algoritma rakus (greedy algorithm) yang dipakai dalam memecahkan permasalahan jarak terpendek (shortest path problem) untuk sebuah graf berarah (directed graph) dengan bobot-bobot sisi (edge weights) yang bernilai tak-negatif. Algoritme Dijkstra dapat diimplementasikan/digunakan sebagai alternatif dalam penentuan jarak efisien suatu daerah kedaerah yang lain dalam hal ini adalah penentuan jarak efisien pengantaran pasien oleh ambulan ke RSUD Karawang.


Keywords


Efesien; Algoritma Dijkstra; Rute Terpendek; Ambulance

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 1606 times
PDF view: 828 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.159.290-300
  

Cite

References


Ahuja, Ravinda K., Thomas L. Magnanti, James B. Orlin. (1993), Netw Flows, Prentice Hall.

Amponsah, S.K, Amoako, G., Darkwah, K.F. and Agyeman, E. (2010). Location of Ambulance Emergency Medical Service in The Kumasi Metropolis, Ghana, African Journal of Mathematics and Computer Science Researc, Vol.41(1), pp.1826.

Andayani, Perwitasari (2014), Penentuan Rute Terpendek Pengambilan Sampah di Kota Merauke Menggunakan Algoritma Dijkstra. ISBN: 979-26-0276-3.

Aris Puji Widodo (2007), Simulasi Lintasan Jalur Terpendek Algoritma Dijkstra Berbasis Extensible Markup Language(XML) Brassard and Bratley (1988), Dijkstra's Algorithm [pp. 87-92].

Isnaeni Setiyadi, Teguh Bharata Adji, Noor Akhmad Setiawan, (2015) Optimalisasi algoritma Dijkstra Dalam Menghadapi Perbedaan Bobot Jalur pada Waktu yang Berbeda, ISSN : 2302-3805.

Kartika Gunandi, Yulia (2002), Perencanaa Rute Perjalanan di Jawa Timur dengan Dukungan GIS Menggunakan Metode Dijkstra's.

Muh. Yamin, Moh. Bandrigo Talai (2015), Aplikasi Pencarian Jalur Terpendek pada Rumah Sakit Umum Bahteramas Menggunakan Algoritma A* (A-STAR).

Purwati, Firnawati, & Willy (2013), Penerapan Algoritme A*(A STAR) dalam Optimasi Penentuan Haltetransmusi Di Palembang Berbasis Android.

Nazruddin Safaat (2011). Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC. Penerbit Informatika, Bandung.

Satzinger, John W., Jackson, Robert B., Burd, Stephen D. 2010. System Analysis and Design in a Changing World, Fourth Edition, Thomson Course Technology, Cananda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Masdui Kartasasmita, Arif Budimansyah Purba, Wawan Kusdiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.