ANALISA STRATEGI PENGEMBANGAN E-TOURISM SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA DI PULAU LOMBOK
Pahrul Irfan(1*); Apriani Apriani(2);
(1) STMIK BUMIGORA MATARAM
(2) 
(*) Corresponding Author
AbstractSektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan pendapatan negara dan daerah. Untuk itu diperlukan upaya dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Salah satu program dari pemerintah untuk meningkatkan jumlah wisatawan adalah dengan memprioritaskan pembangunan pariwisata di 10 lokasi yang salah satunya adalah Pariwisata Pulau Lombok. Selain dengan pembangunan daerah pariwisata, hal lain yang dapat dilakukan untuk menaikkan jumlah wisata adalah dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai media promosi melalui e-tourism. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisa perkembangan e-tourism yang ada di Pulau Lombok sebagai salah satu cara mempromosikan pariwisata di Pulau Lombok. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis SWOT dengan melihat faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang berkaitan pada perngembangan e-tourism di Pulau Lombok. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh pemerintah ataupun pihak terkait dalam menentukan arah pengembangan pariwisata di Pulau Lombok. Keywordsanalisa SWOT; pengembangan E-Tourism; Pulau Lombok
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 4678 timesPDF view: 2964 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.164.325-330 |
Cite |
References
Anonim. 2017. The most beautiful country in the world-as voted by you. [online].(https://www.roughguides.com/gallery/most-beautiful-country-in-the-world/ ). Diakses tanggal 05 Oktober 2017).
Ros. 2017. Lombok kembali raih tiga juara dalam ajang “World Halal Tourism Awards 2016”. [online].(http://www.suarantb.com/news/2016/12/08/16667/lombok.kembali.raih.tiga.juara.dalam.ajang.world.halal.tourism.awards.2016 ). diakses pada tanggal 06 Oktober 2017.
BPS. 2016. Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam Angka 2016. Mataram. CV.Maharani.
anonim. 2016. Pariwisata NTB sabet tiga penghargaan internasional. [online]. (https://radarlombok.co.id/pariwisata-ntb-sabet-tiga-penghargaan-internasional.html). Diakses pada tanggal 06 Oktober 2017.
Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata, Jakarta :Grasindo.
UNCTAD. 2004. UNCTAD’s e-tourism initiative. [online]. (www.unctad.org/en/Docs/tdxipbd6_en.pdf). Diakses pada 05 Oktober 2017.
Santosa, Budi, Hessel. 2002. Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata. Yogyakarta: YPAPI
Rangkuti, F. 2006.Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Cetakan Keduabelas. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Robinson, Pearce. (2001). Strategic Management : Formulation, Implementation and Control. Seventh edition. McGraw. Hill Book International.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pahrul Irfan, Apriani Apriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.