ANALISA ALGORITMA HAVERSINE FORMULA UNTUK PENCARIAN LOKASI TERDEKAT RUMAH SAKIT DAN PUSKESMAS PROVINSI GORONTALO


Farid Farid(1*); Yulanda Yunus(2);

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pemerintah Provinsi Gorontalo saat ini dihadapkan pada suatu masalah yang berhubungan dengan layanan informasi data. Data layanan informasi yang berkaitan dengan data sarana puskesmas dan rumah sakit belum terinci, sehingga pemerintah kesulitan dalam pengambilan keputusan dalam bentuk peta digital sehingga kebanyakan masyarakat Gorontalo apabila mengalami masalah kesehatan seperti sakit, kecelakaan, meninggal dan lain-lain, akan sering mengalami kesulitan dalam mencari lokasi terdekat layanan kesehatan. Kegunaaan dari Algoritma Haversine Formula adalah digunakan untuk menghitung jarak antara dua titik di bumi berdasarkan panjang garis lurus antar dua titik tanpa mengabaikan kelengkungan yang dimiliki bumi. Berdasarkan hasil analisa Algoritma Haversine Formula dapat menghitung jarak antara lokasi setiap rumah sakit dan puskesmas yang ada di Provinsi Gorontalo dan berdasarkan jarak tersebut maka masyarakat dapat mengetahui jarak  lokasi terdekat antara rumah sakit ke rumah sakit lainnya, begitu juga dengan puskesmas ke puskesmas lainnya. 


Keywords


Analisa Algoritma Haversine; Lokasi Rumah Sakit; Puskesmas

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 3282 times
PDF view: 1526 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.178.353-355
  

Cite

References


Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. 2013. Data Rumah Sakit, Puskesmas dan Puskesmas pembantu. Gorontalo : Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Kuncoro H.A, Prasetyaningrum I & Asmara R, (2011). Penentuan rute pendistribusian surat kabar dengan Time Window, aplikasi algoritma Tabu Search. ITS: Surabaya.

Munir A, (2012). Ilmu ukur wilayah dan sistem informasi geografis. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Meladya L,(2012). Perancangan Sistem Informasi Geografis lokasi wisata menggunakan metode Tabu Search. Universitas Sumatera Utara : Skripsi.

Manongga D. Wellem T & Septi K (2008). Perangkat lunak simulasi periodic Vehicle Routing Problem (PVRP) dengan Tabu Search: Salatiga.

P. N. R.Chopde dan M. K.Nichat, “Landmark Based Shortest Path Detection by Using A* and Haversine Formula,” International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering, vol. 1, no. 2, p. 5, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Farid Farid, Yulanda Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.