KLASIFIKASI PERKEMBANGBIAKAN PLASMODIUM PENYEBAB PENYAKIT MALARIA DALAM SEL DARAH MERAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DI KOTA JAYAPURA-PAPUA


Abd. Rachman Dayat(1*); Nur Ain Banyal(2);

(1) AMIK Umel Mandiri
(2) AMIK Umel Mandiri
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dari manusia dan hewan lain yang disebabkan oleh protozoa parasite (sekelompok mikroorganisme bersel tunggal) dalam tipe Plasmodium. Dalam kasus yang parah dapat menyebabkan kulit kuning, kejang, koma, atau kematian. Penelitian ini melakukan klasifikasi perkembangbiakan plasmodium penyebab penyakit malaria untuk membantu proses diagnosa klinis dan analisa secara dini jenis plasmodium falciparum dengan cepat dan akurat yang meliputi interpretasi secara otomatis dari citra warna dermatoskopis. Dengan menerapkan metode Support Vector Machine (SVM) melakukan segmentasi terhadap ciri dan tekstur pada citra darah merah manusia untuk memisahkan sel yang dikategorikan Plasmodium Falciparum untuk diekstraksi cirinya. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit-Rumah Sakit yang ada di Kota Jayapura Propinsi Papua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perkembangbiakan plasmodium sehingga diharapkan dapat  mendiagnosa sejak dini plasmodium falciparum, secara cepat dan hasil penelitian menunjukkan akurasi terbaik adalah 73,33 % dengan menggunakan 120 citra data latih dan 30 citra data uji.


Keywords


klasifikasi malaria; support vector machinie (svm); plasmodium falciparum

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 2119 times
PDF view: 938 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.196.28-32
  

Cite

References


Widoyono, 2010. ”Penyakit Tropis: Epidemiologi, Penularan, Pencegahan dan Pemberantasannya”. Penerbit Erlangga. Halaman 13-21.

Direktorat pengendalian penyakit bersumber bintang, Direktorat Jenderal PP dan PL Kementrian Kesehatan RI, 2011. Pedoman Teknis Pemeriksaan Parasit Malaria. Penerbit Bakti Husada.

Departemen Parasitologi Medis US Namru-2 Jakarta, 2006. “Buku Panduan Pelatihan Diagnosis Mikroskopi Malaria”.

Iis Hamsir Ayub, Adhi Susanto, and Litasari, 2008. Classfication of Plasmodium Falciparum using Learning Vector Quantization Neural Network. BME Day 2008, Surabaya : 17

NA, Banyal dan AR, Dayat. 2017. Analisis Perkembangbiakan Plasmodium Penyebab Penyakit Malaria dalam Sel Darah Merah Manusia dengan Menggunakan Support Vector Machine (SVM) di Kota Jayapura. SEMNASTIKOM. 03 November 2017. Makassar. Hal. 221-225.

Nugroho, Anto Satriyo, 2008, Support Vector Machine, PTI & Komunikasi BPP Teknologi, Bandung.

T. Suyoto, Edy Mulyanto, Vincent Suhartono, Oky Dwi Nurhayati, Wijanarto, 2009, Teori Pengolahan Citra Digital, Edisi pertama, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Wahyudi Setiawan, 2012. “Sistem Deteksi Retinopati Diabetik Menggunakan Support Vector Machine”.

Juni Prianto L.A., Tjahaya. P. U., Darwanto. Atlas Parasitologi Kedokteran. Penerbit PT Gramedia Pustaka utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abd. Rachman Dayat, Nur Ain Banyal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.