APLIKASI VIRTUAL IKLAN PERUMAHAN DENGAN SISTEMAUGMENTED REALITY
Raden Wirawan(1*);
(1) STMIK Bina Adinata
(*) Corresponding Author
AbstractRumah merupakan kebutuhan manusia dan dapat dijadikan aset bisnis sehingga bisnis perumahan berkembang dengan pesat. Saat ini iklan perumahan biasanya melalui media cetak maupun promosi secara langsung yang kebanyakan dalam bentuk dua Dimensi (2D). Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D ke dalam lingkungan nyata. Dengan adanya program Augmented Reality sistem marketing perumahan dapat mempromosikan rumah dalam bentuk tiga dimensi (3D) dan membawa maket perumahan dalam bentuk 3D dimana objek rumah dapat di zoom in , zoom out, rotasi secara vertical, rotasi secara horizontal dan terdapat denah untuk tiap rumah serta informasi mengenai rumah tersebut. Melalui aplikasi Augmented Reality ini penulis berharap dapat memberi pengetahuan lebih kepada pembaca dan bisa membantu para pelaku bisnis properti pada umumnya, khususnya para sales dalam mempromosikan rumah dalam bentuk virtual 3D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi Augmented Reality dapat diaplikasikan pada brosur perumahan dan dapat menarik perhatian pelanggan karena lebih mudah dalam memberikan informasi mengenai model rumah yang ditawarkan pada brosur perumahan. KeywordsAugmented Reality; Iklan Perumahan; Virtual 3D
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 969 timesPDF view: 557 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.203.11-16 |
Cite |
References
Chafied, Muchammad. 2010. Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality.Institut Teknologi Sepuluh November: Surabaya.
Zamroni, Muhammad. 2012. Pengertian dan jenis-jenis periklanan, diakses tanggal 15 Juni 2017.
Wirawan, Raden dkk. 2016. Aplikasi Augmented Reality pada Sistem Informasi Smart Building. JNTETI. Vol. 5 No. 3 . 2016
Rekimoto J., 2005. “Matrix : A Real-Time Object Identification and Registration Method for Augmented Reality”, Proceedings of the third Asia Pacific on computer–human interactions, Kangawa Japan, p. 63–98.
Kustiawan, Iwan. 2008. Tsunami Augmented Reality: Interaksi Bebasis Marker sebagai Pointer. Bandung: ITB.
Anugrah, Willy. 2012. Implementasi Augmented Reality Pada Pemasaran Rumah Bogor Nirwana Residence Menggunakan Blender dan OpenSpace3D. Universitas Gunadarma.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Raden Wirawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.