APLIKASI PEMBELAJARAN SMART HIJAIYYAH BERBASIS AUGMENTED REALITY


Mila Jumarlis(1*);

(1) STMIK Bina Adinata
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pengaruh teknologi memberikan dampak yang sangat kuat terhadap minat belajar anak-anak maupun remaja karena lebih banyak menghabiskan waktu untuk  memainkan smartphone. Proses pembelajaran huruf hijaiyyah yang menarik dan menyenangkan kini dibutuhkan bagi anak-anak, salah satu caranya adalah membuatnya dalam bentuk aplikasi mobile sehingga penelitian ini bertujuan untuk merancang huruf hijaiyyah berbasis Augmented Reality, Untuk mengimplementasikan huruf hijaiyyah berbasis Augmented Reality. Desain penelitian yang digunakan adalah UML yang didesain secara terstruktur yang terdiri dari flowchart perancangan sistem dan rancangan model use case diagram. Software yang digunakan dalam membangun sistem ini adalah unity, vuforia SDK dan Android yang menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode marker. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis android yang menampilkan penjelasan huruf hijaiyyah, dimana marker yang diidentifikasi oleh kamera akan menampilkan button suara huruf, button informasi huruf dan cara penulisan huruf hijaiyyah.


Keywords


Android; Marker; Augmanted Reality; Hijaiyyah

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 2644 times
PDF view: 1462 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.238.52-58
  

Cite

References


Dayat, Abd.Rachman. 2015. Pengaturan Tata Letak Furniture Menggunakan Augmented Reality. Tesis.Makassar:STMIK Handayani Makassar.

Rori, Jenifer., dkk. 2016. Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D. Jurnal. (Online), (http://download.portalgaruda.org, diakses 6 Februari 2018).

Sulaiman.2015. Pengenalan Dasar Unity 3D. (Online), (https://tutoriallengkapunity3d.wordpress.com/2015/06/11/pengenalan-unity3d/, diakses 1 Februari 2018).

Wirawan, Raden. 2015. Aplikasi Augmented Reality Pada Sistem Monitoring Smart Building. Tesis.Makassar : STMIK Handayani Makassar.

Akbar, Fadhil. 2015. Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Huruf Hijaiyyah Bagi Anak-Anak. Skripsi. (Online), (http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/49271/Cover.pdf?sequ ence=6&isAllowed=y, diakses 19 Februari 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mila Jumarlis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.