PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA DONGENG NUSANTARA BERBASIS ANDROID


Asriyani Ismail(1*);

(1) STMIK Handayani Makassar
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Cerita rakyat adalah cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki setiap bangsa. Contoh cerita rakyat yang ada di Indonesia yaitu bawang merah dan bawang putih, keong mas dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini :(1)Untuk merancang aplikasi multimedia dongeng nusantara berbasis android.(2) Untuk mengimplementasikan aplikasi multimedia dongeng nusantara berbasis android.Pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data, kemudian data tersebut dianalisis untuk dijadikan bahan informasi dan dirancang menggunakanUnified Modelling Languange(UML).Hasil penelitian menggunakan aplikasi multimedia dongeng nusantara berbasis android dan dapat memberikan kemudahan bagi para guru dan siswa-siswi Taman Kanak-kanak untuk belajar membaca dan mendengarkan dongeng dimana aplikasi ini dilengkapi dengan kumpulan dongeng yang dibaca, kumpulan video dongeng, danpermainan yang telahdirancangdan bias dioprasikan pada handphone android dan komputer.


Keywords


Android; Dongeng; Multimedia

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 996 times
PDF view: 574 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.244.65-72
  

Cite

References


Arikunto, 2010, Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis, Jakarta: PT.Rineka.Cipta.

Agus, 2012, Black-box testing, Jakarta.

Arsyad, Azhar.2009.3. Media pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Asnawir, Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Munawar, 2012. Pemodelan visual dengan UML, Yogyakarta: PT. Graha ilmu.

Sadirman,Arief S, dkk. 2008:7. National Education Association/NEA.

Smaldino, E., dkk. 2012. Teknologi Pembelajarandan Media untuk Belajar. Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Asriyani Ismail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.