Pendeteksian Tepi Objek Menggunakan Metode Gradien


Dolly Indra(1*);

(1) Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pada tahap melakukan ekstraksi ciri (feature extraction) faktor yang sangat penting adalah kemampuan untuk mendeteksi keberadaan tepi di dalam citra. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan konsep matematis untuk melakukan fungsi pendeteksian tepi. Uji coba yang dilakukan menggunakan matlab versi R2009a dengan menggunakan citra masukan berupa citra abu-abu (grayscale). Setiap citra diuji dengan menggunakan 3 cara yaitu menggunakan metode gradien citra, gradien Prewitt dan gradien Sobel. Cara kerja dari metode gradien terdiri dari gradien horizontal arah x menghasilkan tepi objek berupa garis vertikal dan diagonal dari citra input, gradien arah vertikal y menghasilkan tepi objek berupa garis horizontal dan diagonal dari citra input sedangkan total gradien merupakan gabungan dari gradien arah x dan gradien arah y sedangkan cara kerja dari untuk metode gradien Prewitt dan Sobel, pemilteran dilakukan secara parsial dengan arah yang berlawanan dengan arah fungsi turunan pertama, bila pemilteran dilakukan dalam arah y maka turunan pertama dari hasil pemilteran dilakukan dalam arah x. Pendeteksian tepi menggunakan gradien Prewitt dan Sobel merupakan hasil gabungan dari konvolusi gradien Prewitt/Sobel arah x dengan gradien Prewitt/Sobel arah y. Hasil uji coba dari penelitian ini memperlihatkan bahwa pendeteksian  tepi menggunakan gradien Sobel lebih tajam dibandingkan dengan gradien Prewitt dan gradien citra.


Keywords


Gradien, Prewitt, Sobel

  
     

Article Metrics

Abstract view: 1763 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 2277 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i2.48.69-75
  

Cite

References


Apriliani. D dan Murinto. 2013. Analisis Perbandingan Teknik Segmentasi Citra Digital Menggunakan Metode Level-Set Chan & Vese Dan Lankton, Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Volume 1 Nomor 1, Juni 2013, pp: 232-240.

Wahana Komputer, 2013. Ragam Aplikasi Pengolahan Image dengan Matlab, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Wijaya. E. 2012. Analisis Intensitas Metode Pendeteksian Tepi Sobel, Jurnal Komputer dan Informatika (KOMPUTA), Edisi I, Volume 1, Maret 2012, pp: 25-27.

Yulian Fauzi. 2005. Implementasi Algoritma Filtering Derivatif Dalam Mengolah Citra Satelit Pada Software Envi, Jurnal Gradien Vol.1 No.2, Maret 2005, pp:81-86.

Madenda. S. 2015. Pengolahan Citra & Video Digital : Teori, Aplikasi dan Pemrograman Menggunakan Matlab, Erlangga, Jakarta.

Gonzales, R.C. and Woods, R.E. 2002. Digital Image Processing. Second Edition. Prentice-Hall.

Arif Sutikno, Ema Utami, Andi Sunyoto. 2014. Penerapan Metode Morfologi Gradien untuk Perbaikan Kualitas Deteksi Tepi pada Citra Motif Batik, Jurnal Teknologi Informasi, Vol. IX, No. 25, Maret 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Dolly Indra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.