Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Tenaga Kontrak dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Kantor Satpol PP Kabupaten Pohuwato


Bahrin Bahrin(1*);

(1) Universitas Ichsan Gorontalo
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Kegiatan Seleksi tenaga kontrak merupakan kegiatan yang sering dilaksanakan oleh Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pohuwato. Kenyataan dilapangan bahwa pihak kantor kurang siap dalam penyelenggaraan seleksi Tenaga Kontrak. Masalah administrasi yang bersifat manual mengakibatkan kurang efisiennya kegiatan seleksi Tenaga Kontrak. Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk merancang suatu sistem yang dapat membantu pihak kantor dalam pengambil keputusan seleksi Tenaga Kontrak, sehingga dapat lebih efisien dalam pelaksanaannya. Ada beberapa model yang dapat digunakan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan salah satunya adalah Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM). Berdasarkan hasil penelitian Sistem Pendukung Keputusan yang sudah dibuat dapat membantu pihak pengambil keputusan dalam menentukan alternatif terbaik yaitu tenaga kontrak yang tepat. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian yang dilakukan dengan metode white box testing dan bases path testing yang menghasilkan nilai V(G) = CC, dimana V(G) = 4 dan CC = 4, sehingga didapat bahwa logika flowchart perhitungan normalisasi dan perankingan benar dan berdasarkan pengujian black box yang meliputi uji input proses dan output dengan mengacu pada rancangan perangkat lunak telah terpenuhi dengan hasil sesuai dengan rancangan.


Keywords


Fuzzy, Seleksi Penerimaan, Tenaga Kontrak

  
     

Article Metrics

Abstract view: 949 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 1650 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i2.50.82-88
  

Cite

References


. Dinas Tenaga Kerja, 2014, Kantor Satpol PP Kabupaten Pohuwato 2015, Pohuwato, Diknakertrams.

. Kusrini, 2008, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung keputusan, Yokyakarta: Andi.

. Kusumadewi, 2007, Pencarian Bobot Atribut Pada Multiple-Attribute Decision Making dengan Pendekatan Objektif Menggunakan Algoritma Genetika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Bahrin Bahrin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.