Pengelompokan Minat Baca Mahasiswa menggunakan Metode K-Means
Widya Safira Azis(1*); Dedy Atmajaya(2);
(1) Teknik Informatika Universitas Muslim Indonesia
(2) Teknik Informatika Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPengelompokkan minat baca mahasiswa berdasarkan kriteria buku yang dibaca, buku yang dipinjam, dan juga mempertimbangkan jumlah stok buku yang tersedia dapat membantu dalam proses penambahan koleksi buku yang telah ada pada perpustakaan Utsman Bin Affan UMI. Salah satu cara untuk mengelola data tersebut yaitu menggunakan data mining dengan memanfaatkan metode K-Means. Data buku dikelompokkan menjadi 3 cluster yaitu prioritas, dipertimbangkan, dan tidak diprioritaskan dalam perencanaan penambahan koleksi buku. Hasil dari penelitian ini adalah cluster dengan nilai terbesar pada centroid akhir merupakan cluster yang direkomendasikan dalam perencanaan penambahan koleksi buku. Keywordsclustering, k-means, data, perpustakaan
|
Full Text:PDF (Bahasa Indonesia) |
Article MetricsAbstract view: 2872 timesPDF (Bahasa Indonesia) view: 2106 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/ilkom.v8i2.51.89-94 |
Cite |
References
Agusta, Yudi. 2007. “K-Means – Penerapan , Permasalahan dan Metode Terkait”, Jurnal Sistem dan Informatika Vol.3. hal 47-60, Stikom Bali.
C. Larasati Milburga, et.all. 1986. “Membina Perpustakaan Sekolah”, Yogyakarta: Kanisius, hlm. 17
Hasibuan, Zainal A, 2007, Metode Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi : Konsep, Teknik Dan Aplikasi, Jakarta : Fakultas
Ibrahim, Adhi Yusran. 2014. “Penerapan Klasterisasi K-Means Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidikmisi Pada Universitas Muslim Indonesia”. FTI, Teknik Informatika, Universitas Muslim Indonesia.
J. C. Bezdek. 1981. “Pattern Recognition with Fuzzy Objective Function Algorithms”. New York : Plenum Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Widya Safira Azis, Dedy Atmajaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.