Pengelompokan Minat Baca Mahasiswa menggunakan Metode K-Means


Widya Safira Azis(1*); Dedy Atmajaya(2);

(1) Teknik Informatika Universitas Muslim Indonesia
(2) Teknik Informatika Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pengelompokkan minat baca mahasiswa berdasarkan kriteria buku yang dibaca, buku yang dipinjam, dan juga mempertimbangkan jumlah stok buku yang tersedia dapat membantu dalam proses penambahan koleksi buku yang telah ada pada perpustakaan Utsman Bin Affan UMI. Salah satu cara untuk mengelola data tersebut yaitu menggunakan data mining dengan memanfaatkan metode K-Means. Data buku dikelompokkan menjadi 3 cluster yaitu prioritas, dipertimbangkan, dan tidak diprioritaskan dalam perencanaan penambahan koleksi buku. Hasil dari penelitian ini adalah cluster dengan nilai terbesar pada centroid akhir merupakan cluster yang direkomendasikan dalam perencanaan penambahan koleksi buku.


Keywords


clustering, k-means, data, perpustakaan

  
     

Article Metrics

Abstract view: 2872 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 2106 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i2.51.89-94
  

Cite

References


Agusta, Yudi. 2007. “K-Means – Penerapan , Permasalahan dan Metode Terkait”, Jurnal Sistem dan Informatika Vol.3. hal 47-60, Stikom Bali.

C. Larasati Milburga, et.all. 1986. “Membina Perpustakaan Sekolah”, Yogyakarta: Kanisius, hlm. 17

Hasibuan, Zainal A, 2007, Metode Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi : Konsep, Teknik Dan Aplikasi, Jakarta : Fakultas

Ibrahim, Adhi Yusran. 2014. “Penerapan Klasterisasi K-Means Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidikmisi Pada Universitas Muslim Indonesia”. FTI, Teknik Informatika, Universitas Muslim Indonesia.

J. C. Bezdek. 1981. “Pattern Recognition with Fuzzy Objective Function Algorithms”. New York : Plenum Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Widya Safira Azis, Dedy Atmajaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.