Aplikasi Penentuan Jenis Part Of Speech Menggunakan Metode N-Gram dan String Matching


Nurzaenab Nurzaenab(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2);

(1) Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
(2) Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Bahasa Inggris merupakan bahasa ibu dalam skala internasional sebagai alat komunikasi antar negara. Bahasa Inggris memiliki aturan baik dalam hal pengucapan dan penulisan disebut Grammar yang membentuk pola-pola. Pola-pola tersebut tersusun oleh setiap kata yang memiliki bentuk-bentuk tersendiri yang disebut Parts Of Speech. Bentuk dalam Parts Of Speech terbagi dalam delapan bentuk yaitu Noun (kata benda), Pronoun (kata ganti), Verb (kata kerja), Adjective (kata sifat), Adverb (kata keterangan), Preposition (kata depan), Conjuction (kata penghubung), Interjection (kata seru). Tingkat ingatan manusia tentu berbeda-beda. Ingatan untuk membedakan kata-kata dan pembentukan pola kalimat dalam part of speech. Setiap kata akan ditentukan jenis part of speech-nya, tergantung dari inputan user. Sedangkan pola kalimat akan di tentukan sesuai inputan user berdasarkan part of speech-nya. Perancangan dilakukan menggunakan metode uni-gram dan String Matching (Knuth Morris Pratt).


Keywords


Grammar, N-Gram, Part Of Speech, String Matching

  
     

Article Metrics

Abstract view: 6423 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 610 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i2.57.132-136
  

Cite

References


. Tio Wibowo, Ardianto Wibowo, Rika Perdana Sari. 2012. Pembuatan Aplikasi Untuk Mendeteksi Kebenaran Perintah SQL Query Menggunakan Metode Knuth-Morris Pratt (KMP). Jurnal of Computer Science.

. Wulan, Sri. 2011. Analisis Penerapan String Matching Dalam Komparasi Data Kepesertaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS). Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Nurzaenab Nurzaenab, Purnawansyah Purnawansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.