E-Commerce untuk Penjualan Arang Tempurung berbasis Android


Suhardi Rustam(1*); Sumarni Sumarni(2);

(1) Universitas Ichsan Gorontalo
(2) Universitas Ichsan Gorontalo
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pengolahan limbah kelapa di gorontalo utara umumnya diolah secara tradisional yang tidak jelas kualitasnya, sehingga menyebabkan keragaman olahan limba kelapa sangat tinggi. Penumpukan Limbah kelapa dan pengelolaan yang tidak memenuhi standar sehingga tidak memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat. Pada permasalahan ini maka diperlukan adanya Pembinaan kepada para petani kelapa di gorontalo utara. Oleh karena itu menyajikan pembuatan aplikasi kepada petani kelapa dalam bentuk e-commerce yang mampu memberikan kemudahan menjual untuk para petani kelapa dengan tampilan yang menarik. E-commerce yang terdapat dalam bentuk aplikasi android, fokus penelitian untuk merancang e-commerce penjualan melalui handphone dalam memasarkan produk arang tempurung dari limbah kelapa.  Sehingga pada penelitian ini ditemukan beberapa permasalahan yang menjadi fokus penelitian untuk menangani tentang kesulitan para petani kelapa memasarkan produk arang tempurung dari limbah kelapa dan masih banyak petani yang sulit memaksimalkan pemasaran di internet melalui handphone. Ruang lingkup penelitian ini adalah perancangan e-commerce dengan media internetnya adalah handphone, sehingga permasalahan pada penerapan e-commerce arang tempurung menjadi mudah untuk diimplementasikan. Hasil penelitian ini setelah perancangan e-commerce ini dapat membantu masyarakat untuk mengatasi kesulitan memasarkan produk turunan kelapa atau produk limbah kelapa yang telah memberikan nilai ekonomi dan sebagai sumber alternatif penghasilan ekonomi keluarga atau komunitas masyarakat pada aspek pemasaran digital.

Keywords


E-commerce; Arang Tempurung; Rapid Application Development (RAD); Limbah Kelapa; Ekonomi Masyarakat

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 668 times
PDF view: 406 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v12i3.657.200-207
  

Cite

References


A. Adwihardja, 2016, e-commerce sebagai model inovasi teknologi strategi enterpreneur menurut preferensi pengguna jakartanotebook.com, Bina Insani Ict Journal, Vol.3, No.1, hal 154 163

(BPS) Badan Pusat Statistik Gorontalo Utara, 2018, Laporan publikasi 2018, https://gorontaloutarakab.bps.go.id/publication.html, diakses tanggal 12 Agustus 2018

Nustini, Y., & Allwar, A. (2019). Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa Menjadi Arang Tempurung Kelapa dan Granular Karbon Aktif Guna Meningkatkan Kesejahteraan Desa Watuduwur, Bruno, Kabupaten Purworejo _ Nustini _ Asian Journal of Innovation and Ent. Asian Journal of Innopation and Enterpreneurship, 4(3), 217226.

S. K. Maya, 2011, potensi dan kelayakan ekspor arang tempurung kelapa, jurna ilmu pertanian, volume 7 no 12, 2011: hal 69-82

Budi, D. S., Siswa, T. A. Y., & Abijono, H. (2017). Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak. Teknika, 5(1), 2431. https://doi.org/10.34148/teknika.v5i1.48

K. Riset and D. A. N. P. Tinggi, 2017, Riset Nasional Tahun 2017-2045 (Edisi 28 Pebruari 2017), vol. 2045.

R. Rahmadi. 2010. Studi Komparatif Penggunaan Open-Source Content Management System (CMS) Joomla dan Drupal Untuk Pembuatan Website. Jurnal Generic. Vol.5, No. 1.

W. Tenia, 2014, Perancangan WEB e-commerce dengan Metode Rapid Application Development (RAD) untuk Produk Unggulan Desa, Jurnal Seminar nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Semarang, vol 9, hal 81-88

S. Pringsewu, 2017, Penerapan e-commerce berbasi Business to Consumers untuk Meningkatkan Penjualan Produk, vol. 15, no. 2, pp. 109116.

E. Rapha and T. Nursalim, 2016, Analisis Jalur Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Desain Website terhadap Minat Beli Ulang, dengan e-check secara Online, vol. 1.

Edwin Agung Wibowo,2015, Pemanfaatan Teknologi e-commerce dalam Proses Bisnis pp. 95108.

G. Indah, P. S. Yanti, and S. Hajratul, 2020, Pengaruh Independensi dan Bisnis E-commerce Terhadap Kebutuhan Jasa Audit E-commerce, vol. 04, no. 01, pp. 2532

Y. Windarto, (2016). Pengaruh Usability Factor Website E-commerce Model B2C Terhadap Kepercayaan User. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 8(2), 11061120.

J. R. Sagala. (2018). Model Rapid Application Development (Rad) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Belajar Mengajar. Jurnal Mantik Penusa, 2(1), 8790.

J. Herawati, L. Tria, H. Hutami, and P. P. Sari, 2019, Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan dan Promosi, vol. 2, no. 1, pp. 17.

T. Pradiani, V. Penjualan, and S. Malang, 2017, Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil, vol. 11, pp. 4653, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 suhardi Rustam, Sumarni Sumarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.