Augmented Reality 3D untuk Pengenalan Organ Tubuh Manusia


Andani Achmad(1*); Zahir Zainuddin(2); Muhammad Fadhil Husain(3);

(1) Universitas Hasanuddin
(2) Universitas Hasanuddin
(3) Universitas Hasanuddin
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Marker Augmented Reality 3D pada Aplikasi Pengenalan Organ Tubuh Manusia adalah untuk membuat model belajar menggunakan teknologi Augmented Reality guna menyampaikan informasi tentang Pengenalan Organ Tubuh Manusia yang lebih interaktif dan inovatif dengan Teknologi Augmented Reality ke dalam satu aplikasi Android. Dalam mendukung penelitian ini digunakan Aplikasi Blender untuk pembuatan 3D Modelling dan aplikasi unity untuk pembuatan sistem yang di dukung dengan Bahasa Pemrograman C#, Vuforia SDK dalam implementasi Augmented Reality.  Hasil pengujian deteksi 3D marker oleh kamera dapat di simpulkan bahwa tiap objek 3D memiliki jarak deteksi yang berbeda-beda. Hasil pengujian Virtual reality menunjukkan bahwa semua fungsi yang di ujikan dapat berjalan sesuai keinginan.

Keywords


3D Modelling; Organ Tubuh Manusia; Augmented Reality

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 70 times
PDF view: 9 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v12i3.680.233-240
  

Cite

References


E. Damayanti, A. Ahmad, and A. Bara, “Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako,” Martabat J. Peremp. dan Anak, vol. 4, no. 1, pp. 1–22, 2020, doi: 10.21274/martabat.2020.4.1.1-22.

N. F. Mayenti and I. Sunita, “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di PAUD Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru,” Phot. J. Sain dan Kesehat., vol. 9, no. 1, pp. 208–213, 2018, doi: 10.37859/jp.v9i1.1092.

A. R. Saputra, H. Tolle, and M. A. Akbar, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3 No. 2, no. 7, pp. 7006–7013, 2019.

Y. Indrawaty, M. Ichwan, and W. Putra, “Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Manusia Menggunakan Metode Augmented Reality,” Inst. Teknol. Nas. Bandung, vol. 4, no. 1, pp. 57–68, 2012.

M. Firdaus and N. Mas’ud, “Aplikasi Pengenalan Anatomi Tubuh Manusia Pada Sistem Kerangka, Sistem Pencernaan Dan Sistem Pernapasan Berbasis Teknologi Augmented Reality.” 2012.

I. N. W. Kusuma, “Pembangunan Aplikasi Media Periklanan Arloji Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” 2014.

R. D. A. Budiman, “Developing Learning Media Based on Augmented Reality (Ar) To Improve Learning Motivation,” JETL (Journal Educ. Teach. Learn., vol. 1, no. 2, p. 89, 2016, doi: 10.26737/jetl.v1i2.45.

U. M. W. Wahyudi and Y. B. Arwansyah, “Developing Augmented Reality-based Learning Media to Improve Student Visual Spatial Intelligence,” Indones. J. Curric. Educ. Technol. Stud., vol. 7, no. 2, pp. 89–95, 2019, doi: 10.15294/ijcets.v7i2.36039.

A. Hamdani, A. Mahmudi, and K. Auliasari, “Augmented Reality Pengenalan Organ Dalam Manusia Menggunakan Metode Marker Berbasis Android,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform. Augment., vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2020.

M. Kristian, I. Fitri, and A. Gunaryati, “Implementation of Augmented Reality for Introduction To Android Based Mammalian Animals Using The Marker Based Tracking Method,” J. Inform. dan Sains, vol. 03, no. 01, pp. 1–6, 2020.

R. Rumajar, A. Lumenta, B. A. Sugiarso, and J. T. E. Unsrat, “Perancangan Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality,” E-journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 4, no. 6, pp. 1–9, 2015.

D. R. Rahadi, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android,” J. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 661–671, 2014.

N. H. Rohmah, Y. Sujana, and R. A. Yuana, “AR-KIO: Augmented Reality-based Application as Instructional Media on Input and Output Device Component.,” IJIE (Indonesian J. Informatics Educ., vol. 1, no. 1, p. 143, 2017, doi: 10.20961/ijie.v1i2.12472.

A. Fakhrudin, “The Implementation of Augmented Reality Technology in Teaching Natural Sciences to Improve Elementary Students’ Learning Achievement,” Al-Ta lim J., vol. 25, no. 1, pp. 13–21, 2018, doi: 10.15548/jt.v25i1.374.

F. S. Irwansyah, Y. M. Yusuf, I. Farida, and M. A. Ramdhani, “Augmented Reality (AR) Technology on the Android Operating System in Chemistry Learning,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 288, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/288/1/012068.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Andani Achmad, Zahir Zainuddin, Muhammad Fadhil Husain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ILKOM Jurnal Ilmiah indexed by

doaj_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logosinta_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
ILKOM Jurnal Ilmiah
ISSN 2548-7779
Published by Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia
W : https://fikom.umi.ac.id/
E : jurnal.ilkom@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0