RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MEMBANTU PENCARIAN JALUR TERPENDEK MENUJU ATM BANK BRI DENGAN METODE TABU SEARCH ALGORITHM (TS)


Ummulhadi Ummulhadi(1*); Harlinda Lahuddin(2);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Salah satu permasalahan utama bagi nasabah suatu Bank adalah jalur yang harus mereka tempuh. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jumlah ATM dan jalur alternatif yang ada. Sehingga, tidak sedikit waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mencari mesin ATM yang ada serta jalur yang harus ditempuh. Untuk itu dibutuhkan sebuah alternatif yang dapat mempermudahd alam pencarian rute tercepat menuju ATM Bank BRI. Metode yang digunakan untuk menentukan jalur terpendek dalam penelitian ini adalah metode Tabu Search Algorithm, dengan mencari cost terendah dari beberapa iterasi yang ada. Dengan menginputkan titik awal berupa nama jalan yang nantinya diproses dalam sistem yang menghasilkan output berupa data jalur yang ditampilkan dalam map. Dengan mengambil sebuah contoh pencarian ATM untuk lokasi Maccini Sawah 1 ditemukan sebuah jalur terpendek dengan cost 2100 serta alternative jalur menunjukkan cost 2800 dengan selisih 700 cost yang berarti jalur tersebut merupakan jalur yang terdekat.

Keywords


Nasabah Bank, ATM, Jalur terpendek, Tabu Search Algorithm

  
     

Article Metrics

Abstract view: 826 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 690 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i3.85.234-241
  

Cite

References


Astuti, Aris Wati. 2011. Proses Kerja Dan Dampak Dari Mesin ATM. Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Unikom. Bandung. Majalah Ilmiah UNIKOM: Vol.8, No. 1. Bandung.

Togatorop, Disbun. 2014. Perancangan Aplikasi Pencarian Jalur Terpendek dengan Algoritma Tabu Search. Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika STMIK Budi Darma, Medan, Pelita Informatika Budi Darma, Volume: VII, Nomor: 1 Juli 2014, ISSN: 2301-9425.

Hermawan, I. 2009. GEOGRAFI Sebuah Pengantar, Private Publishing. Bandung.

Ivana Varita, dkk. 2013. Pencarian Jalur Tercepat Rute Perjalanan Wisata Dengan Algoritma Tabu Search. Jurnal EECCIS Vol.7, No. 2 Desember 2013.

Nugroho, Adi, ST, MM, Si. dkk. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Penerbit: Andi. Yogyakarta.

Suhartono, Dr. Vincent, dkk. 2011. Kecerdasan Buatan. Penerbit: Andi. Yogyakarta.

Sari Paramita Helly, dan Daniel Udjulawa. 2014. Stimulasi Penentuan Rute Terpendek Menggunakan Tabu Search (Studi Kasus: Lokasi Wisata di Palembang). Teknik Informatika STMIK Global Informatika MDP. Palembang, ISSN: 2407-1102 Oktober 2014. Palembang.

Togatorop, Disbun. 2014. Perancangan Aplikasi Pencarian Jalur Terpendek dengan Algoritma Tabu Search. Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika STMIK Budi Darma, Medan, Pelita Informatika Budi Darma, Volume: VII, Nomor: 1 Juli 2014, ISSN: 2301-9425.

Pressman RS. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

Whitten JL, Bentley LD, Dittman KC. 2004. System Analysis and Design Methods. Diterjemahkan oleh: Tim Penerjemah Andi. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ummulhadi Ummulhadi, Harlinda Lahuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.