Pemanfaatan E-Commerce Berbasis Website untuk Pemasaran pada UMKM Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa


Asdar Djamereng(1*); Lilis Nur Hayati(2); Elvira Siruna(3); Saripah Fitriani(4); Nurul Kholifah Yulinda(5);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(4) Universitas Muslim Indonesia
(5) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Global Web Index mencatat Indonesia memiliki tingkat penggunaan E-Commerce tertinggi di dunia. Seningga Dinamika persaingan bisnis dalam perkembangan dunia teknologi informasi yang semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu. Masyarakat telah merasakan perubahan dari segala bidang misalnya bidang pendidikan, kesehatan, hiburan, sumber informasi, tenaga kerja, dunia bisnis dan komunikasi. Hal ini dapat dilakukan dengan penggunaan internet Penggunaan internet untuk aktivitas transaksi bisnis dikenal dengan istilah Electronic Commerce (E-Commerce).

Uraian tugas dan fungsi dari tata usaha kepemerintahan dalam kantor Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa adalah mengurusi masalah Pemasaran Pada UMKM, untuk mempelancar dan mempermudah pendataan data UMKM berupa data produk. Sistem informasi Pengolahan Data yang mendukung dan dapat mengoptimalkan informasi. Hasil Memberikan Pemanfaatan E-Commerce Berbasis Website Untuk Pemasaran Pada UMKM Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa.

Target dalam pelaksanaaan PkM Lektor Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Ilmu Komputer UMI sehubungan dengan bagaimana PemanfaatanE-Commerce Berbasis Website Untuk Pemasaran Pada UMKM Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa dengan mefasilitasi dengan penyuluhan, simulasi dan pelatihan bagi para aparatur desa dan UMKM dengan mewujutkan, pengelolaan data administrasi yang lebih baik berbasis digital serta meningkatnya kemampuan dan keterampilan apartur desa dan UMKM di desa dan Perangkat Desa mendapatkan modul Pemanfaatan E-Commerce Berbasis WebsiteKecamatan Parangloe Kabupaten Gowa.

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 291 times
PDF view: 236 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v3i1.1218
  

Cite

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh

ROAD_logo Google_Scholar_logo garuda_logo


Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0