SOSIALISASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL PADA PENGURUS TPQ BAITURROHMAH DESA KARANGSEM


Aisyah Amini(1); Qorry Triyulindra(2*); Ahmad Dhia Iqbal(3); Hendri Hermawan Adinugraha(4);

(1) UIN K.H.Abdurrahman Wahid, Pekalongan
(2) UIN K.H.Abdurrahman Wahid, Pekalongan
(3) UIN K.H.Abdurrahman Wahid, Pekalongan
(4) UIN K.H.Abdurrahman Wahid, Pekalongan
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola kauangannya sehingga memudahkan dalam melakukan evaluasi kinerja keuangan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, diskusi dan tanya jawab, kemudian evaluasi. Pembuatan laporan keuangan sangat penting. Setiap lembaga pendidikan tentu memerlukan adanya adminstarsi atau tata usaha yang akan menunjang kelancaran dan terpenuhinya tujuan-tujuan yang ada di setiap lembaga pendidikan. Pembukuan dan laporan keuangan dengan menggunakan Microsoft Exel dapat dibuat lebih rapi, teliti dan mengurangi resiko rusak atau hilang. Microsoft Exel memiliki kelebihan bisa digunakan pada data dengan jumlah yang besar dan menggambarkan informasi dari data secara grafis. Kelebihan lain yang dimiliki dari aplikasi Microsoft Exel yaitu memberikan kemudahan dalam membuat laporan keuangan yang sesuai.


Keywords


Laporan keungan, Microsoft Excel, Sosialisasi.

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 76 times
PDF view: 72 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v3i2.1259
  

Cite

References


Dien Novita, Rika Khailina Ekawati, Lisa Amelia. Sosialisasi Penggunaan Microsoft Excel Untuk Pembukuan Sederhana Di Usaha Riteo Tradisional Toko Cholid. Jurnal publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1 (Juli 2021).

Hariani, P.P., Sihotang, I.M.M., 2020. Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. J. PRODIKMAS Has. Pengabdi. Kpd. Masy. 4, 50–57.

Jaya, S., Handoko, P., & Purnama, D. G. (2019). Pelatihan olah data menggunakan Ms. Excel bagi pengelola rptra dan guru paud di wilayah kelurahan bintaro, kecamatan pesanggrahan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Judhia, Fransiscus. Pemanfaatan Microsoft Exel Dalam Pembuatan Laporan Keuangan Secara Otomatis. Media Informatika, Vol. 8, No. 1 (2009).

Niati, A., Soelistiyono, A., Ariefiantoro, T., 2019. Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen. E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy. 10, 105–110.

Patmawati, H., & Santika, S. (2017). Penggunaan Software Microsoft Excel sebagai Alternatif Pengolahan Data Statistika Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 124-129).

Pratiwi, R.D., 2012. Menyusun laporan keuangan sederhana dengan Microsoft excel. MEDIA 19.

Radhya Yusri, Sofia Edriati, Dan Rival Yuhendri. Pelatihan Microsoft Office Excel Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengolah Data. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 2, No. 1 (Juni 2020): 32-37.

Rokhman, M. M., Adi Wibowo, S., Agus Pranoto, Y., & Ardi Widodo, K. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office Pada Staf Pengajar di SMPLBN (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri) Kota Malang. Jurnal Mnemonic, 1(1).

Shohabatussa’adah, Muasomah. Pemanfaatan Microsoft Excel Dalam Membantu Penyusunan Laporan Keuangan Di Tpq An-Najah Tirto Pekalongan. Al Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.4 No.1 (2021).

Yahdi, Sugandi, dkk. Pemanfaatan Ms.Excel untuk Pembukuan Keuangan UMKM Desa Bangsal Kecamatan Pampangan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5, No. 1 (Februari 2021): 224-230.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Komputer Untuk Masyarakat indexed by

ROAD_logo Google_Scholar_logogaruda_logo

___________________________________________________________
Ilmu Komputer Untuk Masyarakat
ISSN 2721-1282
Published by Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia
Website :https://fikom.umi.ac.id/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0