Modifikasi Sistem Informasi Manajemen untuk Penguatan Layanan Akademik di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
ABD. CHARIS FAUZAN(1*); Aditya Febrianto(2);
(1) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
(*) Corresponding Author
AbstractSistem informasi yang efektif menjadi elemen penting dalam mendukung kelancaran kegiatan pendidikan di lembaga perguruan tinggi. Di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, sistem informasi manajemen (SIM) akademik berperan penting dalam mengelola data dan informasi terkait mahasiswa, dosen, jadwal kuliah, KRS, jurnal mengajar, dan berbagai aktivitas akademik lainnya. Namun, sistem yang telah berjalan masih memiliki beberapa keterbatasan yang menyebabkan ketidakefisienan dan kesulitan bagi penggunanya. Untuk menjawab tantangan tersebut, dilakukan dilakukan kegiatan pengabdian dengan melakukan modifikasi pada SIM akademik yang ada guna memperbaiki fungsionalitas dan meningkatkan kemudahan penggunaan. Perubahan ini bertujuan untuk mendukung kebutuhan mahasiswa, dosen, dan pihak akademik lainnya sehingga layanan akademik dapat berjalan lebih optimal. Dengan adanya pembaruan ini, diharapkan kualitas layanan akademik di UNU Blitar semakin meningkat, memberikan manfaat langsung bagi seluruh civitas akademika, dan mendukung proses pendidikan secara keseluruhan. KeywordsModifikasi; SIM Akademik; Layanan Akademik; UNU Blitar
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 104 timesPDF view: 29 times |
Digital Object Identifier![]() |
Cite |
References
W. Anggraini, “Analisis Pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa,” J. Saintek, vol. 25, no. 2, pp. 184–194, 2020.
E. B. Sadewa, W. Wijiyanto, and N. Nurohman, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Al-Islam Surakarta,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 6, no. 1, pp. 63–69, 2024, doi: 10.24076/joism.2024v6i1.1647.
I. Riani, Vanisha Amelia TRISNANTARI, HIKMAH EVA JUNARIS, “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) BIDANG AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN,” Educ. Leadersh., vol. 4, no. 1, pp. 23–33, 2024.
A. C. Fauzan, M. B. Muslim, A. Saifudin, and L. Lestariningsih, “Pengembangan Dan Pendampingan Operasionalisasi Sistem Informasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Sim Ppm) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,” GANESHA J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 41–58, 2023, doi: 10.36728/ganesha.v3i1.2378.
S. Ellyusman and R. F. Hutami, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA),” J. Kaji. Inf. dan Perpust., vol. 5, no. 1, p. 51, 2017.
M. Owen and J. Raj, “BPMN and Business Process Management Introduction to the New Business Process Modeling Standard,” Management, 2003.
A. G. Waluyo, I. Aknuranda, and N. Y. Setiawan, “Analisis proses bisnis pada toko buku Galuh menggunakan business process improvement framework,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, pp. 7568–7574, 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh
Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website : https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0