Pendampingan dan Penerapan Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Kompetensi Guru TK/TPA Nurul Iman Pannara pada Pengajaran Huruf Hijaiyah
Farniwati Fattah(1*); Sugiarti Sugiarti(2); Abdul Wahab(3); Irawati Irawati(4); Lilis Nur Hayati(5); Besse Nurul Huda(6); Leni J Bora(7); Munawir Munawir(8);
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(4) Universitas Muslim Indonesia
(5) Universitas Muslim Indonesia
(6) Universitas Muslim Indonesia
(7) Universitas Muslim Indonesia
(8) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPengabdian masyarakat ini dilaksanakan di TPA Nurul Iman Pannara, Kota Makassar, yang menghadapi keterbatasan dalam pemanfaatan teknologi digital pada pembelajaran huruf hijaiyah. Kegiatan dilakukan melalui pelatihan, pendampingan, dan praktik penggunaan aplikasi Augmented Reality (AR) kepada 21 guru dan asisten guru. Aplikasi AR ini menampilkan 30 huruf hijaiyah dalam bentuk tiga dimensi (3D), dilengkapi audio pelafalan, menu petunjuk, serta kuis interaktif untuk menguji pemahaman santri. Hasil implementasi menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru dalam mengoperasikan teknologi AR serta munculnya variasi metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Bagi santri, penggunaan aplikasi AR mempermudah pemahaman bentuk huruf, meningkatkan motivasi belajar, serta memperkuat daya ingat melalui visualisasi tiga dimensi. Evaluasi dengan kuesioner terhadap 19 responden menghasilkan skor rata-rata 4,25 (kategori tinggi), yang menegaskan respon positif terhadap penggunaan aplikasi ini. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil meningkatkan kompetensi guru sekaligus efektivitas pembelajaran huruf hijaiyah, serta mendukung transformasi digital pendidikan nonformal.
KeywordsAugmented Reality; Huruf Hijaiyah; Kompetensi Guru; TK/TPA
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 23 timesPDF view: 17 times |
Digital Object Identifier https://doi.org/10.33096/ilkomas.v6i2.3121
|
Cite |
References
“UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL,” 2003, doi: 10.24967/ekombis.v2i1.48.
S. O. Balimulia, W. C. Martono, I. I. Fitriani, E. Fransisca, S. Sitio, and S. Aisyah, “Kata Kunci: Guru PAUD, Kompetensi Guru,” J. Pendidik. Dan Psikol. Pint. Harati, vol. 16, no. 2, pp. 18–32, 2020.
N. Nazipah, “Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral,” J. Educ. Res., vol. 2, no. 2, pp. 287–300, 2024, doi: 10.56436/jer.v2i2.240.
A. Rosmiati, “Media Pembelajaran Visual Seni Rupa Pada Anak Paud/Tk,” J. Seni Rupa ISI Surakarta, vol. 01, pp. 3–123, 2006.
A. Mardhian Ningrum, Tri Sayekti, and Ratih Kusumawardani, “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun,” Golden Age J. Ilm. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 179–192, 2021, doi: 10.14421/jga.2021.64-02.
R.- Anggeraini, M. Nasirun, and Y. Yulisdeni, “Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran,” J. Pena Paud, vol. 1, no. 1, pp. 19–26, 2020, doi: 10.33369/penapaud.v1i1.13968.
Z. Fahmi Kamal, “Pengembangan Augmented Reality Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Bagi Anak Pra Sekolah,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., 2023.
D. Lidianti, P. Putra, N. R. Oktadini, A. Meiriza, and P. E. Sevtiyuni, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Makhorijul Huruf,” TeIKa, vol. 12, no. 02, pp. 67–76, 2022, doi: 10.36342/teika.v12i02.2941.
M. As’ad, E. Farida, S. Setyowibowo, and ; Sujito, “Pengenalan dan Pelatihan Augmented Reality Huruf Hijaiyah Pada TPQ Al Abror Buring Kota Malang,” vol. 5, no. 1, pp. 2655–5956, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.33322/terang.v5i1.1853
A. Dicky Adinata and K. Sari, “Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah Untuk Kelas 1 di SDIT Daarussalam Berbasis Augmented Reality,” JOEICT (Jurnal Educ. Inf. Commun. Technol., vol. 5, no. 1, pp. 1–11, 2021.
A. B. N. Izza, A. U. Albab, and Cahyana, “ARabic: Aplikasi Belajar Hijaiyah Berbasis Augmented Reality,” eProceedings …, vol. 10, no. 1, pp. 378–381, 2024, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/22486%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/22486/21627
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh
Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website : https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

