SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PELUANG USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB


Erna Ningsih(1); Dedih Dedih(2*); Supriyadi Supriyadi(3);

(1) 
(2) STMIK Kharisma Karawang
(3) STMIK Kharisma Karawang
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sistem pendukung keputusan (SPK) merupakan sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur.Salah satu metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pengambilan keputusan  adalah metode Weighted Product (WP), yaitu suatu metode yang menggunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, di mana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot yang bersangkutan. Metode WP dapat diterapkan dalam pengambilan keputusan salah satunya adalah menentukan peluang usaha makanan yang tepat pada usaha mikro dan kecil.Akan tetapi jenis usaha makanan yang ada saat ini sangat banyak ragamnya sehingga menyulitkan untuk menentukan salah satu jenis usaha makanan yang tepat, Dalam penelitian ini ada delapan belas jenis usaha makanan dan lima kriteria berdasarkan nilai skala bobot kriteria yang di tentukan oleh user dengan hasil bahwa usaha aneka kue hias memiliki nilai preferensi relatif alternatif terbaik dengan nilai 0.1540.

 


Keywords


Sistem Penunjang Keputusan, Weighted Product, Peluang Usaha Makanan

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 5867 times
PDF view: 2894 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.150.244-254
  

Cite

References


. Turban E,Aronson EJ, Liang PT. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems edisi 7 jilid 1. Yogyakarta: Andi.

. Yoon, K.P. 1989. The propagation of errors in Multi-Attribute Decision Analisys: A Practical Approach.

. Berry A, Rodriquez E, Sandeem H. 2001. Small and medium enterprises dynamics in Indonesia, Bulletin of Indonesian Economic Studies.

. Sulistyastuti, DR. 2004. Dinamika usaha kecil dan menengah (UMKM) analisis konsentrasi regional UMKM di Indonesia 1999-2001, Jurnal Ekonomi Pembangunan 9(2),143-164.

. Azmi M. 2013. Sistem Pendukung Keputusan untuk Memilih Usaha Waralaba Makanan Menggunakan Metode Topsis.Jurnal Elektron Vol 5 No 2.

. Budi SR, Indriyati,Endah NS. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Kuliner di Semarang dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Informatics and Technology, Vol 1, No 4.

. Dahniar R. 2014. Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Tempat Kuliner dengan Metode Topsis Beserta Informasi Geografis di Kota Malang. Malang.

. Syafitri NA, Sutardi, Dewi PA. 2016. Penerapan Metode Weighted Product dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web.

. Khairina MD, Ivando D, Septya Maharani. 2016. Implementasi Metode Weighted Product untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android. Jurnal Infotel Vol 8 No,1.

.Satzinger JW, Jackson RB, Burd SD. 2010. System Analysis And Design in A Changing World, Boston, MA: Course Technology.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Erna Ningsih, Dedih Dedih, Supriyadi Supriyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.