SISTEM KONTROL PENERANGAN MENGGUNAKAN ARDUINO UNO PADA UNIVERSITAS ICHSAN GORONTALO
Bahrin Bin Dahlan(1*);
(1) 
(*) Corresponding Author
AbstractDalam kehidupan sehari-hari, sadar atau tanpa kita sadari kita terus bertemu dengan suatu perangkat atau peralatan yang kerjanya terkendali secara otomatis baik terkendali sebagian maupun seluruhnya, sistem kendali adalah suatu alat atau kumpulan alat untuk mengendalikan, memerintah, dan mengatur keadaan dari suatu sistem, singkatnya, sistem yang digunakan untuk membuat suatu perangkat menjadi terkendali sesuai dengan keinginan manusia ini biasanya disebut sebagai sistem kendali, untuk mengatasi kesalahan manusia dalam mengatur penerangan yang ada di Universitas Ichsan Gorontalo seperti lupa mematikan lampu sehingga kurang efisien dalam penggunaan daya listrik yang dapat menyebabkan bertambahnya beban biaya univesitas ini, selain itu pula dengan menggunakan sakelar, sistem yang lama menjadi kurang aman dan memakan waktu untuk mematikan sebuah lampu mengingat gedung kampus bertingkat. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi solusi dari masalah yang dikemukakan diatas sehingga dapat mengendalikan penerangan secara efisien.Bahwa Sistem Kendali yang dirancang dapat digunakan. Hal ini dibuktikan dalam metode pengujian test case dengan pendekatan pengujian white box dan pengujian Blackbox pada rancangan sistem, sehingga sistem tidak dapat menerima input yang tidak tepat. Dari hasil pengujian test case diperoleh CC = V(G) dimana CC = 7 dan V(G) = 7, hal ini menunjukkan bahwa penerapan pengujian sistem tersebut diatas dapat menghasilkan sistem dan proses looping (perulangan) pada flowchart yang membuat sistem menjadi lebih efektif.
KeywordsSistem Kendali; Arduino Uno; Flowhchart; looping.
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 5292 timesPDF view: 2985 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.158.282-289 |
Cite |
References
. A. S, Rosa dan M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta :Informatika.
.Amikom. Pengenalan Software Proteus. (http://elearning.amikom.ac.id/index.php/download/materi/190302181-ST014-56/2015/03/20150301_PENGENALAN%20SOFTWARE%20PROTEUS.pdfdiakses 15 September 2015).
. Bina SaranaInformatika. 2010. ModulPrakteklaboratoriumKomputer Borland Delphi. Jakarta : Bina SaranaInformatika.
. Budiharto, Widodo. 2009. 10 Proyek Robot Spektakuler. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
. Djuandi, Feri. 2011. PengenalanArduino: (https//:tobuku.com diakses 21 Juni 2015).
. http://www.dominicdube.com/blog/arduino-uno-rev3-pinout/diakses 30 Agustus 2015.
. Saptaji, Handayani W. 2015. MudahbelajarMikrokontrollerdengan Arduino. Bandung :Widya Media..
. Rusmadi, Dedy. 2009. MengenalKomponenElektronika. Bandung: Pionir Jaya.
. Nugroho, 2005, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi berorientasi Objek, Bandung : Informatika
. Narbuko, Cholid, 2001. Metodologi Penelitian. Bumi Aksara, Jakarta
. Pressman, R.S., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktis (Buku I), Yogyakarta : Andi
. Supardi, Yuniar, 2011, Menjadi Programer VB 6.0 Hingga VB 2008, Jakarta : Elex Media Komputindo.
. Turban & Aronson, 2005, Edisi 7. Decision Support Systems and Intelligent Systems, Yogyakarta : Andi
. Whitten, et all. 2004. Metode Analisis dan Desain Sistem.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Bahrin Bin Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.