IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN JENIS-JENIS BADIK DI SULAWESI SELATAN BERBASIS ANDROID


Mirfan Mirfan(1*);

(1) STMIK Handayani
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Senjata pusaka sejenis badik dan kawali merupakan arsip tempat mengintip perilaku para leluhur,agar yang hidup pada masa sekarang ini paling tidak memahami nilai budaya yang di kandungnya. Namun di era globalisasi  yang Dimana teknologi semakin berkembang pesat membuat kurangnya minat generasi muda untuk mengenal budaya warisan leluhurnya, salah satunya senjata badik atau kawali. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan aplikasi pengenalan jenis badik di Sulawesi Selatan berbasis android Menggunakan teknologi Augmented Reality. Aplikasi pengenalan jenis-jenis badik di Sulawesi Selatan berbasis android ini di rancang menggunakan vuforia dan unity, metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, interview dan studi pustaka,kemudian data tersebut dianalisi untuk di jadikan bahan informasi dalam penelitian ini dan aplikasi  di rancang menggunakan UML ( Unified Modeling Language). Metode yang digunakan yaitu Marker. Hasil penelitian aplikasi pengenalan jenis badik di Sulawesi selatan berbasis android ini dapat menjadi media untuk memperkenalkan jenis badik yang ada di Sulawesi Selatan.


Keywords


Android; Augmented Reality; Marker; Badik

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 786 times
PDF view: 530 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.239.59-64
  

Cite

References


Iwan Setya Nugraha. 2009. Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Piano. Universitas Diponegoro. Semarang.

Latius Hermawan, dkk. 2015. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi Kampus Menggunakan Brosur. Sekolah Tinggi Teknik Musi. Palembang.

Ahmad ubbe, dkk, . 2011. Senjata Pusaka Bugis. Gramedia pustaka utama. Jakarta

Annastacia Novianti Priyatna, dkk. Implementasi Augmented Reality Sebagai Media pembelajaran pada simulasi terjadinya Tsunami, Fakultas teknologi industry. Universitas Gunadarma


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mirfan Mirfan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.